Hypernet X Coworking Indonesia.

IMG_06762

Hypernet Jalin Kerjasama Strategis dengan Coworking Indonesia.

Coworking Indonesia resmi menjalin kerjasama dengan Hypernet, perusahaan Managed Service Provider (MSP) yang berperan aktif dalam mengembangkan  ekosistem  ekonomi digital Indonesia. Penandatanganan kerjasama strategis kedua belah pihak dilakukan di Coworkinc, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Kerjasama  ini  diharapkan  dapat mendorong pembangunan ekosistem ekonomi kreatif dan ekonomi digital melalui kolaborasi program dan dukungan fasilitas infrastruktur terhadap seluruh pelaku industri ruang kreatif yang menjadi anggota.

“Pusat kegiatan kreatif yang berfokus pada pertumbuhan ekonomi seperti coworking space, makerspace dan creative hub adalah elemen yang sangat penting dalam pembangunan ekosistem ekonomi kreatif. Kekuatan utama ruang kreatif ini adalah program dan kolaborasi yang terjadi dalam komunitas coworking tersebut, namun ruang dan internet adalah salah kebutuhan fasilitas dasar yang diperlukan untuk berkreasi,” tutur Presiden Coworking Indonesia, Faye Alund.

Pada tahap awal kerjasama, Hypernet akan mendukung pengadaan internet bagi coworking space   yang   merupakan   anggota   Coworking Indonesia, dan selanjutnya kemungkinan kerjasama jangka panjang akan dijajaki dalam bentuk program berkelanjutan.

Internet  sendiri menjadi salah satu faktor yang tak bisa dilepaskan dari coworking space. Kehadiran  internet  sangat  menunjang  aktivitas  para  pelaku  startup,  pekerja  lepas  atau komunitas yang menjadikan coworking space sebagai tempat kerja mereka.

“Dukungan pengadaan internet dari Hypernet ini akan sangat membantu para pelaku dan penggerak industri coworking untuk lebih efektif membangun komunitas dan program di bidang ekonomi digital dan kreatif,” Faye melanjutkan.

CEO Hypernet, Sudianto Oei memaparkan, "Hypernet berkomitmen untuk terus berpartisipasi aktif dalam mendukung ekosistem industri kreatif di Indonesia melalui penyediaan infrastruktur teknologi yang handal bagi seluruh anggota Asosiasi Coworking Indonesia.”

Ekosistem coworking space di Indonesia menunjukkan progres positif setiap tahunnya. Berdasarkan data yang dilansir Coworking Indonesia, saat ini jumlah coworking space sudah mencapai 85 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Angka ini meningkat 1700 persen karena tiga tahun sebelumnya tercatat hanya ada sekitar lima coworking space yang eksis.

Perkembangan coworking space di Indonesia diprediksi akan semakin meningkat setiap tahunnya seiiring menjamurnya startup digital dan pekerja lepas yang membutuhkan ruang untuk bekerja.

Tentang Coworking Indonesia.

Coworking Indonesia adalah komunitas untuk para pembangun dan penggerak komunitas (community of community builders) dengan tujuan utama membangun pertumbuhan kewirausahaan dan ekonomi Indonesia lewat gerakan coworking. Perkumpulan ini juga akan menjadi wadah sumber daya, sumber keahlian, pengalaman, alat yang bisa diakses oleh pelaku coworking supaya bisa lebih melalui kolaborasi, keterhubungan dan saling berbagi dan mendukung ekonomi kreatif melalui program kewirausahaan.