5 Cara membuat password aman anti hacker!
Artikel

5 Cara membuat password aman anti hacker!

Cybercrime seringkali dimulai dari keteledoran pengguna memiliki password akun yang lemah. Faktanya, memang tidak ada password yang sempurna. Akan tetapi, semakin kuat password tersebut, semakin sulit untuk dipecahkan dan diretas. Ketika Anda membuat akun baru, beberapa situs menyarankan Anda untuk menambah karakter khusus, huruf kapital dan huruf kecil, serta banyak angka. Meski saran-saran tersebut baik dan membikin sulit para penjahat dunia maya untuk meretas, kadang itu berarti sama sulitnya bagi Anda untuk mengingatnya.

Tips membuat password aman anti hacker yang mudah diingat

Gunakan pola keyboard

Cara membuat password yang satu ingin menyenangkan dan menggunakan teknik yang sama dengan pola masuk smartphone. Gambar pola yang dapat Anda kenali di keyboard, lalu gunakan huruf dan angkanya sebagai password.

Gunakan penggalan lirik lagu

Salah satu metode yang dapat menghasilkan password aman anti hacker dan mudah diingat adalah dengan menggunakan lirik lagu. Caranya, pilih satu baris / bait lirik lagu favorit Anda. Kemudian, gunakan huruf kapital pada huruf pertama setiap kalimat. Lalu, ganti huruf tertentu dengan angka, tanda baca, atau karakter khusus di bagian akhir.

Misalnya, kita ambil contoh lagu Dewa 19 – Cinta ‘Kan Membawamu Kembali

Cinta ‘kan membawamu / kembali di sini / menuai rindu / Membasuh perih / Bawa serta dirimu / dirimu yang dulu / Mencintaiku apa adanya

Kurangi sepenggal bait lirik menjadi huruf pertama setiap kata. Pertahankan huruf kapital di awal setiap baris. Kemudian, ganti beberapa huruf yang bisa diganti dengan angka. Akhiri dengan tanda seru.

CkmKd5MrMpB5dDydMa4!

Anda telah selesai membuat password 20 karakter yang mencakup angka, huruf, huruf kapital, huruf kecil, dan satu karakter khusus. Untuk mengingatnya, Anda hanya tinggal menyanyikan lagu favorit Anda!

Gunakan kutipan favorit dari sebuah film yang Anda sukai

Teknik yang serupa dengan teknik pertama namun menggunakan kutipan film terkenal untuk menghasilkan kata sandi. Cara ini dianggap jauh lebih aman karena sangat tidak mungkin ada yang bisa menebak, bahkan jika seseorang mengetahui film favorit Anda. Penjahat dunia maya tidak akan mau effort banyak untuk mengenal Anda dengan baik.

Anda juga bisa memertimbangkan untuk mengganti karakter dengan angka yang tidak mudah ditebak. Misalnya, jika umumnya orang mengganti huruf “e” dengan angka “3”, coba gantilah dengan angka “6” untuk huruf kapital “E” agar lebih sulit ditebak.

Misalnya, kutipan T’Challa dari film Black Panther (2018)

“In times of crisis, the wise build bridges while the foolish build barriers”

Menjadi 1t0ctwBbwtfBb!

Gunakan tanggal personal, tetapi bukan hari ulang tahun

Triknya, gunakan tanggal dari sebuah event yang Anda ingat sebagai hal penting tetapi tidak ada orang lain yang benar-benar mengetahuinya. Ambil tiga event, misalnya tanggal liburan pertama Anda ke luar negeri, tanggal pertama kali Anda ciuman, dan tanggal Anda naik wahana rollercoaster.

Tukarlah beberapa angka dengan huruf dan karakter khusus untuk membuat password lebih rumit dan kuat. Lalu, ganti tanda garis miring (/) dengan huruf l kecil, serta spasi di antara tanggal dengan garis bawah (seperti “_”), dan akhiri dengan karakter khusus seperti “#”. Contoh password-nya: 20l01l05_27l07l09_05l12l03#

Password yang terdiri dari 27 karakter ini hanya dapat digunakan dalam sistem yang dapat menangani kata sandi yang sangat panjang. Maka, jika akun yang Anda buat mengizinkan password yang panjang, ini akan menjadi salah satu password paling aman yang dapat Anda ingat.

Gunakan Password Manager

Anda hanya perlu mengingat master password. Aplikasi ini dapat diumpamakan sebagai brankas digital yang menjaga keamanan semua kredensial login Anda. Simpanlah semua password akun Anda di aplikasi ini sehingga serumit apa pun password Anda, Anda tetap bisa menuliskannya kembali.

Nah, itulah 5 cara membuat password aman anti hacker. Mana yang jadi favorit Anda?

icon