Cara Memilih Access Point yang Sesuai untuk Bisnis Anda
Artikel

Cara Memilih Access Point yang Sesuai untuk Bisnis Anda

Memiliki jaringan wireless yang andal sangat penting untuk menjaga produktivitas dan konektivitas bisnis. Access Point memainkan peranan penting dalam memastikan hal-hal tersebut. Namun, memilih Access Point yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda dapat menjadi tugas yang sulit.

Apa saja, sih, faktor-faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih Access Point terbaik untuk bisnis?

Kecepatan sesuai

Access Point harus dapat memenuhi tuntutan operasi bisnis Anda. Nilai kebutuhan bandwidth bisnis Anda dan pilih perangkat dengan kemampuan kecepatan yang sesuai, mulai dari 300 Mbps hingga 1750 Mbps atau lebih tinggi.

Teknologi Wi-Fi terbaru

Carilah perangkat yang mendukung standar Wi-Fi terbaru dan menawarkan kinerja tangguh di berbagai perangkat dan aplikasi. Pastikan perangkat pilihan Anda dilengkapi teknologi Wi-Fi mutakhir seperti MIMO, MESH, dan PoE. Teknologi MESH ideal untuk lingkungan bisnis dan rumah, sedangkan teknologi MIMO mengoptimalkan kualitas sinyal dan kecepatan data. Selain itu, teknologi PoE memungkinkan transmisi daya yang efisien melalui kabel berdaya rendah, sehingga memastikan kinerja yang andal.

Kemampuan coverage

Mengenali bisnis Anda penting untuk menentukan jenis dan jumlah Access Point yang diperlukan. Pertimbangkan faktor-faktor seperti penggunaan di dalam ruangan versus di luar ruangan, serta kebutuhan fitur khusus seperti tahan cuaca.

Dilengkapi antena penguat sinyal

Desain antena secara signifikan mempengaruhi kinerja dan jangkauan Wireless Access Point. Carilah perangkat yang dilengkapi antena penguat sinyal, yang meningkatkan kekuatan dan jangkauan sinyal. Pilih antara antena terarah dan antena omnidireksional berdasarkan kebutuhan jaringan spesifik Anda, sehingga memastikan kinerja optimal di berbagai lingkungan.

Suhu kerja Access Point

Evaluasi kisaran suhu kerja Access Point diperlukan terutama jika akan dipasang di lingkungan yang menantang. Pastikan Access Point tahan terhadap suhu ekstrem untuk mempertahankan kinerja yang andal dalam berbagai kondisi.

Metode pemasangan

Pertimbangkan opsi pemasangan yang tersedia untuk Access Point, dan pilih metode pemasangan yang selaras dengan preferensi infrastruktur kantor. Metode pemasangan yang dipilih haruslah mengoptimalkan cakupan dan aksesibilitas di ruang kerja Anda – entah itu dipasang di dinding, langit-langit, atau berdiri sendiri.

Kemampuan untuk upgrade

Cari Access Point yang mendukung firmware update terpusat sehingga dapat mengikuti teknologi yang berkembang pesat. Fitur tersebut memungkinkan pengelolaan dan penerapan upgrade yang efisien di seluruh jaringan.

Akses Tamu (Guest) yang aman

Keamanan cyber tetap menjadi perhatian utama bagi dunia bisnis, terutama terkait akses Tamu ke jaringan. Pilih Access Point yang memprioritaskan protokol keamanan untuk melindungi koneksi Tamu. Perangkat modern menawarkan fitur akses Tamu cerdas yang selaras dengan kebijakan keamanan perusahaan, memastikan lingkungan jaringan yang aman tanpa mengorbankan kenyamanan.

Tanpa pengontrol hardware

Pengontrol hardware sudah ketinggalan zaman dengan munculnya kontrol jaringan berbasis software. Pilih Access Point dengan fitur manajemen berbasis software untuk menghilangkan kebutuhan akan pengontrol eksternal. Access Point berfitur ini lebih fleksibel dan meminimalkan risiko kegagalan jaringan yang terkait dengan ketergantungan hardware.

Biaya

Meskipun biaya merupakan pertimbangan penting, penting untuk mencapai keseimbangan antara harga dan fitur. Bandingkan harga Access Point yang berbeda sambil mempertimbangkan fungsionalitas, keandalan, dan kemudahan pemasangannya. Carilah fitur yang menyederhanakan proses penerapan dan memberikan nilai jangka panjang untuk investasi Anda.

Masih bingung menentukan Access Point terbaik untuk bisnis Anda? Konsultasikan masalah jaringan internet Anda dengan Hypernet. Hubungi CS sekarang.

icon