Ciri-ciri Access Point yang Berkualitas
Artikel

Ciri-ciri Access Point yang Berkualitas

Artikel tips teknologi biasanya membicarakan tentang cara-cara memilih Access Point. Namun, sedikit di antaranya yang membahas tentang kriteria Access Point yang berkualitas. Padahal, informasi tersebut berguna tidak hanya untuk menjadi panduan memilih Access Point tetapi juga menilai apakah Access Point yang sudah digunakan cocok atau masih layak dipergunakan. Jika sudah tidak cocok lagi, Anda disarankan untuk memperbarui perangkat Access Point Anda dengan seri terbaru.

Sebelum mengetahui ciri-ciri Access Point berkualitas, Anda perlu mengetahui kapan sebaiknya Anda menggunakan perangkat ini:

  • Jika Anda bekerja dengan perangkat non-Wi-Fi seperti UDM-SE dan perlu mengintegrasikan kemampuan Wi-Fi.
  • Anda dapat menggunakan kembali router Wi-Fi dengan menonaktifkan fungsi Wi-Fi atau memanfaatkan jaringannya untuk berbagai kebutuhan seperti memperluas jangkauan, membuat jaringan Tamu (Guest), atau membuat jaringan IoT khusus.
  • Jika standar Wi-Fi router Anda saat ini sudah ketinggalan zaman, AP dapat berfungsi sebagai solusi peningkatan.
  • Saat memperluas jangkauan Wi-Fi ke area yang jauh seperti halaman yang luas, garasi terpisah, atau bangunan tambahan melalui kabel jaringan.
  • Untuk membangun sistem mesh Wi-Fi tingkat perusahaan yang tangguh.

Apa saja karakteristik kunci Access Point berkualitas?

Standar dan Kecepatan Wi-Fi

Landasan dari setiap jaringan nirkabel yang andal terletak pada kepatuhannya terhadap standar Wi-Fi terbaru. Pilihlah Access Point yang mendukung standar ini untuk memanfaatkan kecepatan lebih cepat dan peningkatan kinerja, yang disesuaikan dengan aplikasi spesifik dan kebutuhan bandwidth Anda.

Cakupan Wilayah:

Pertimbangkan luas yang perlu Anda cakup dan pilih Access Point yang dilengkapi dengan kemampuan jangkauan yang sesuai. Baik itu area luar ruangan yang luas atau ruang dalam ruangan yang terbatas, pastikan perangkat yang Anda pilih dapat memenuhi kebutuhan jangkauan Anda secara efektif.

Dapat digunakan di beberapa band

Carilah keserbagunaan dengan memilih Access Point yang beroperasi di beberapa band, seperti spektrum 2,4GHz dan 5GHz. Opsi dual-band menawarkan fleksibilitas dalam mengakomodasi berbagai perangkat dan skenario penggunaan, sementara Access Point tri-band memberikan kapasitas yang lebih besar.

Kualitas Layanan (Quality of Service)

Prioritaskan pengalaman pengguna dengan Access Point yang menampilkan kemampuan Kualitas Layanan. Kelola lalu lintas jaringan secara efektif dengan memprioritaskan jenis data tertentu, seperti panggilan suara atau video, untuk memastikan pengalaman konektivitas yang lancar bagi semua pengguna.

Fitur Keamanan

Lindungi jaringan Anda dari potensi ancaman dengan memilih Access Point dengan langkah keamanan yang kuat. Fitur seperti enkripsi WPA3, isolasi jaringan Tamu (guest), dan deteksi intrusi sangat penting untuk menjaga integritas data dan jaringan Anda.

Kemudahan Pengelolaan

Sederhanakan administrasi dan pemeliharaan jaringan dengan Access Point yang menawarkan antarmuka manajemen intuitif. Solusi berbasis cloud menyederhanakan tugas konfigurasi dan pemantauan, memastikan pengelolaan jaringan tanpa kerumitan.

Daya Tahan dan Kualitas Pembuatan

Untuk lingkungan yang menantang, prioritaskan Access Point dengan konstruksi kokoh dan ketahanan untuk menahan kondisi keras. Baik digunakan di luar ruangan atau di lingkungan industri, daya tahan adalah kunci untuk memastikan kinerja yang konsisten.

Kompatibilitas

Hindari masalah kompatibilitas dengan memastikan Access Point pilihan Anda terintegrasi dengan infrastruktur jaringan yang ada. Kompatibilitas dengan switch dan router meminimalkan tantangan pengaturan dan meningkatkan stabilitas jaringan.

Reputasi dan Dukungan Merek

Andalkan merek terpercaya yang terkenal dengan keandalan dan dukungan pelanggannya yang responsif. Memilih produsen terkenal meningkatkan kemungkinan pembaruan dan bantuan tepat waktu, memastikan keandalan dan kinerja yang berkelanjutan.

Apakah Access Point yang Anda pasang sekarang sudah memiliki kriteria-kriteria tersebut? Belum? Hubungi Hypernet untuk solusi internet terpercaya.

icon