Risiko dan Tantangan dalam Mengamankan Internet of Things (IoT)
Artikel

Risiko dan Tantangan dalam Mengamankan Internet of Things (IoT)

IoT, atau Internet of Things, adalah jaringan perangkat fisik yang saling terhubung yang dilengkapi dengan sensor, perangkat lunak, dan kemampuan konektivitas, yang memungkinkan perangkat tersebut bertukar data dan berinteraksi satu sama lain melalui internet. Hal ini memfasilitasi otomatisasi, pemantauan real-time, dan wawasan berbasis data di berbagai domain, mulai dari rumah hingga industri.

Namun, keterhubungan ini juga menimbulkan segudang risiko dan tantangan keamanan yang harus diatasi untuk memastikan integritas dan keamanan ekosistem IoT.

Memahami risiko menggunakan Internet of Things (IoT)

Lemahnya mekanisme otentikasi

Risiko keamanan IoT memiliki banyak segi, mulai dari kerentanan dalam autentikasi perangkat hingga kesenjangan dalam protokol enkripsi. Salah satu kekhawatiran utama adalah lemahnya mekanisme otentikasi. Kata sandi default dan kredensial lemah yang dibuat pengguna dapat menjadi pintu terbuka bagi pelaku kejahatan untuk menyusup ke perangkat, membahayakan seluruh jaringan, atau mengeksploitasinya untuk tujuan jahat.

Prosesor rendah dan memori terbatas

Selain itu, keterbatasan yang melekat pada perangkat IoT, seperti daya pemrosesan yang rendah dan memori yang terbatas, menimbulkan tantangan besar dalam penerapan langkah-langkah keamanan siber yang kuat. Kendala ini sering kali menghambat penerapan fitur keamanan penting seperti firewall dan enkripsi end-to-end, sehingga membuat perangkat rentan terhadap eksploitasi.

Aset yang sudah usang

Aset lama semakin memperparah dilema keamanan, karena sistem yang sudah ketinggalan zaman mungkin kurang kompatibel dengan standar enkripsi modern, sehingga rentan terhadap serangan siber. Selain itu, akses jaringan bersama yang umum terjadi di lingkungan IoT meningkatkan risiko akses tidak sah, karena perangkat yang disusupi dapat berfungsi sebagai titik masuk untuk menyusup ke sistem yang saling terhubung.

Mengurangi ancaman siber dari Internet of Things (IoT)

Menerapkan protokol otentikasi yang ketat

Mengatasi risiko keamanan IoT memerlukan pendekatan komprehensif yang mencakup solusi teknologi dan praktik terbaik. Produsen perangkat IoT memainkan peran penting dalam meningkatkan keamanan perangkat dengan menerapkan protokol otentikasi yang ketat, mewajibkan kata sandi default yang kuat, dan memfasilitasi pembaruan firmware yang aman. Dengan memprioritaskan keamanan pada tahap desain, produsen dapat memitigasi kerentanan dan melindungi dari potensi ancaman.

Menerapkan standar keamanan universal

Selain itu, penerapan standar keamanan industri sangat penting untuk mendorong interoperabilitas dan memastikan protokol keamanan yang konsisten di seluruh ekosistem IoT. Menetapkan pedoman universal untuk enkripsi, otentikasi, dan transmisi data dapat menyederhanakan praktik keamanan dan mengurangi risiko yang terkait dengan standar yang berbeda.

Menerapkan program keamanan

Untuk memperkuat jaringan IoT terhadap ancaman eksternal, penerapan gateway keamanan, firewall, dan jaringan pribadi virtual (VPN) dapat menciptakan hambatan terhadap akses tidak sah dan melindungi data sensitif. Dengan memisahkan perangkat IoT ke dalam jaringan terpisah dan menerapkan kontrol akses, organisasi dapat membatasi cakupan potensi pelanggaran dan memitigasi dampak insiden keamanan.

Memantau secara proaktif

Selain itu, mekanisme pemantauan proaktif dan deteksi anomali memungkinkan organisasi mengidentifikasi perilaku mencurigakan dan merespons dengan cepat terhadap potensi ancaman. Dengan memanfaatkan analitik canggih dan algoritma pembelajaran mesin, bisnis dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk mendeteksi dan memitigasi pelanggaran keamanan secara real-time, sehingga meminimalkan risiko penyusupan data.

Risiko dan Tantangan dalam mengamankan IoT memerlukan upaya bersama dari produsen perangkat, perusahaan, dan pembuat kebijakan. Upaya proaktif juga perlu untuk mengatasi dan memitigasi ancaman yang muncul. Manfaatkan potensi transformasi IoT bersama Hypernet, Managed Service Provider terpercaya di Indonesia.

icon