Ancaman Insider: Strategi Mengelola Risiko Internal Keamanan Siber
Artikel

Ancaman Insider: Strategi Mengelola Risiko Internal Keamanan Siber

Ancaman orang dalam alias Insider Threats adalah orang-orang yang memiliki akses sah ke jaringan Anda dan menggunakan akses tersebut dengan cara yang membahayakan perusahaan Anda. Dibandingkan dengan ancaman siber lainnya, ancaman dari dalam mungkin sulit dideteksi. Banyak kasus kerentanan keamanan akibat perilaku orang dalam tidak diketahui selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Ancaman dapat terjadi dalam berbagai bentuk seperti orang dalam yang berniat jahat mencari keuntungan finansial, karyawan ceroboh yang tidak sengaja menyebabkan pelanggaran, atau mantan karyawan yang tidak puas yang kemudian berusaha mengganggu perusahaan.

Baik Insider tersebut merupakan karyawan jahat atau karyawan baik dengan kredensial yang disusupi, tim keamanan perlu mendeteksi, menyelidiki, dan merespons serangan. Sebab, serangan dari dalam berpotensi merusak dengan cepat dan akurat. Padahal, tidak mungkin menjalankan bisnis tanpa memaparkan lingkungan komputasi pada risiko ancaman dari dalam. Operasi juga akan terhenti jika tak ada seorang pun di organisasi yang memiliki akses ke sumber daya data.

Untuk memperkuat pertahanan terhadap ancaman Insider, organisasi harus mengadopsi langkah-langkah proaktif yang memprioritaskan perlindungan data dan akuntabilitas pengguna. Berikut enam strategi untuk meningkatkan ketahanan keamanan siber:

Mengidentifikasi sumber daya data sensitif

Langkah utama memerangi ancaman Insider adalah mencapai visibilitas komprehensif ke dalam lingkungan IT. Perusahaan perlu mengklasifikasikan data berdasarkan sensitivitas dan nilainya. Langkah-langkah keamanan khusus yang memprioritaskan perlindungan terhadap aset bernilai tinggi akan lantas dapat diterapkan.

Menerapkan prosedur otentikasi dan otorisasi yang kuat

Membatasi akses ke personel yang berwenang melalui mekanisme otentikasi yang ketat sangatlah penting. Menerapkan multi-factor authentication menambah lapisan keamanan tambahan, mengurangi risiko Insider yang jahat mengeksploitasi kredensial yang disusupi.

Mengembangkan kebijakan penanganan data perusahaan

Kebijakan penanganan data yang jelas dan ringkas memberdayakan karyawan untuk mengelola informasi sensitif secara bertanggung jawab. Tim IT dan pemangku kebijakan dapat mengeluarkan pedoman penggunaan dan protokol penegakan hukum untuk menetapkan kerangka kerja yang akuntabel serta patuh.

Menerapkan program pelatihan pengguna komprehensif

Mendidik karyawan tentang praktik terbaik penanganan data sangat penting dalam memitigasi ancaman Insiders yang tidak disengaja. Sesi pelatihan rutin menumbuhkan budaya kesadaran keamanan siber, membekali personel dengan pengetahuan untuk mengidentifikasi dan memitigasi potensi risiko.

Memonitor indikator ancaman Insider

Pemantauan proaktif terhadap aktivitas pengguna memungkinkan deteksi dini ancaman Insider. Anomali seperti upaya berulang kali untuk mengakses data yang dibatasi atau permintaan hak istimewa yang tidak sah dapat menjadi tanda bahaya. Jika hal tersebut terjadi, tim IT dapat mengintervensi dengan cepat untuk memitigasi potensi risiko.

Menerapkan solusi Data Loss Prevention

Memanfaatkan solusi DLP tingkat lanjut akan mengotomatiskan penegakan kebijakan penanganan data, sehingga membatasi risiko yang ditimbulkan oleh ancaman orang dalam. Dengan terlebih dahulu membatasi akses tidak sah dan mencegah kebocoran data, perusahaan dapat memperkuat postur pertahanan mereka terhadap risiko internal.

Menghadapi ancaman dari dalam memerlukan pendekatan yang proaktif dan beragam.Dengan menerapkan strategi yang kuat untuk deteksi, pencegahan, dan respons, perusahaan dapat memperkuat pertahanan mereka terhadap risiko internal dan melindungi data sensitif dari eksploitasi. Memprioritaskan pendidikan pengguna, inovasi teknologi, dan pemantauan berkelanjutan sangat penting dalam perjuangan berkelanjutan untuk mempertahankan diri dari ancaman Insider dan menjunjung integritas kerangka keamanan perusahaan.

Hindarkan perusahaan Anda dari ancaman Insider bersama Hypernet, solusi Managed Service Provider terpercaya di Indonesia. Hubungi sekarang.

icon