Keamanan di Ujung Jari : Cara Mengamankan Perangkat Mobile dari Ancaman Cyber
Artikel

Keamanan di Ujung Jari : Cara Mengamankan Perangkat Mobile dari Ancaman Cyber

Seiring dengan meroketnya jumlah pengguna smartphone, ancaman serangan siber yang menargetkan perangkat mobile juga meningkat. Ponsel kita kini seperti dompet penuh identitas, menyimpan data sensitif seperti detail perbankan dan informasi pribadi. Karena itulah, sangat penting untuk memperkuat keamanannya. Lantas, bagaimana caranya melindungi perangkat mobile dari ancaman dunia maya?

Pahami risikonya

Penjahat siber mempunyai banyak peluang untuk mengeksploitasi kerentanan miliaran smartphone di seluruh dunia. Anda harus hati-hati dengan apa yang Anda simpan di smartphone serta penggunaannya. Data berharga seperti password akun, detail perbankan, hingga aktivitas media sosial adalah harta karun yang menjadi target utama para peretas.

Terapkan kesadaran aplikasi

Mengunduh aplikasi membuka pintu gerbang bagi ancaman siber. Banyak aplikasi gratis yang dapat membahayakan keamanan perangkat Anda. Selain itu, aplikasi latar belakang yang berjalan di ponsel Anda dapat dieksploitasi oleh peretas. Karena itulah, waspadai izin aplikasi untuk mengurangi risiko kebocoran data. Selalu hanya izinkan aplikasi terpercaya yang diunduh dari sumber ofisial.

Gunakan password protection

Saat membuat akun, terapkan langkah-langkah pengamanan password. Terapkan praktik password yang kuat, manfaatkan Biometric Authentication dan Two-Factor Authentication (2FA) jika memungkinkan.

Selalu perbarui antivirus software

Lengkapi perangkat mobile Anda dengan antivirus terpercaya untuk mendeteksi dan menetralisir ancaman malware. Pemindaian dan pembaruan rutin sangat penting untuk tetap terdepan dalam menghadapi ancaman dunia maya serta melindungi perangkat Anda dari risiko yang terus berkembang.

Waspada dalam menggunakan Wi-Fi

Hindari menghubungkan ke jaringan WiFi terbuka atau tidak aman, yang dapat membuat perangkat Anda berpotensi diretas. Manfaatkan VPN untuk mengenkripsi transmisi data melalui jaringan publik, memastikan perangkat seluler Anda tetap tersembunyi dari pengintaian.

Taruh perhatian lebih pada aplikasi yang digunakan dan situs web yang dijelajahi

Berhati-hatilah saat mengunduh aplikasi atau mengunjungi situs web, dan tetap berpegang pada sumber terpercaya seperti toko aplikasi resmi. Waspadai tautan atau aplikasi mencurigakan yang dapat membahayakan keamanan perangkat Anda dan hanya membagikan informasi sensitif kepada sumber tepercaya.

Amankan seluruh jaringan

Sadarilah bahwa keamanan seluler tidak hanya mencakup ponsel cerdas, tetapi juga mencakup semua perangkat yang terhubung dalam Internet of Things (IoT). Ciptakan perimeter aman di sekitar jaringan Anda, amankan setiap perangkat yang terhubung untuk menggagalkan potensi serangan siber.

Gunakan common sense

Common sense alias akal sehat perlu terus dipraktikkan ketika berselancar di dunia maya. Praktikkan perilaku online yang bijaksana, seperti menghindari interaksi dengan orang asing dan tidak mengunjungi situs web asing. Tetap waspada terhadap upaya phishing dan jaga keamanan fisik perangkat seluler Anda untuk mencegah akses tidak sah.

Selalu mengetahui ancaman keamanan siber terbaru

Tetap up-to-date tentang ancaman keamanan siber terbaru dan praktik terbaik dapat secara efektif melindungi perangkat mobil Anda, perangkat yang terhubung, dan data berharga dari ancaman dunia siber.

Di dunia yang semakin terhubung, mengamankan perangkat seluler Anda adalah hal yang terpenting. Dengan menerapkan langkah-langkah penting ini dan tetap mendapat informasi tentang ancaman dunia maya yang muncul, Anda dapat melindungi perangkat dan data pribadi Anda dari serangan jahat. Ambil langkah proaktif hari ini untuk melindungi perangkat seluler Anda dari ancaman dunia maya dan memastikan ketenangan pikiran dalam lanskap digital yang terus berkembang.

Amankan jaringan internet Anda bersama Hypernet, Managed Service Provider terpercaya di Indonesia. Hubungi CS sekarang.

icon