Belanja Online Aman: Tips Menghindari Penipuan dan Mengamankan Informasi Pembayaran
Artikel

Belanja Online Aman: Tips Menghindari Penipuan dan Mengamankan Informasi Pembayaran

Belanja online kini menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup kita. Di sisi lain, kemudahan ini meningkatkan risiko penipuan. Untuk menavigasi pasar virtual dengan aman, sangat penting untuk waspada dan menerapkan praktik terbaik yang memprioritaskan keamanan.

Apa saja hal penting yang perlu dilakukan?

Jangan terkecoh dengan metode pembayaran alternatif

Hindari membeli dari situs web atau penjual yang meminta metode pembayaran alternatif seperti Venmo, CashApp, cek, atau gift cards. Tetap gunakan opsi pembayaran yang disediakan oleh situs web itu sendiri memastikan Anda mendapatkan manfaat dari kebijakan perlindungan pembelian. Penipu sering kali mengeksploitasi metode pembayaran alternatif untuk menipu pembeli dan menghindari akuntabilitas.

Jangan tergiur dengan penawaran yang tidak realistis

Penipu sering kali memikat pembeli yang tidak curiga dengan penawaran menarik untuk produk berkualitas tinggi, hanya untuk mengirimkan barang berkualitas rendah atau palsu. Berhati-hatilah terhadap diskon besar atau harga yang jauh lebih rendah dari nilai pasar, karena sering kali hal tersebut mengindikasikan potensi penipuan.

Jangan Klik Tautan Mencurigakan

Berhati-hatilah saat mengklik tautan, terutama yang menjanjikan penawaran menggiurkan. Penipu sering kali mengarahkan calon korban dengan memberikan tautan menipu yang mengarah ke situs web palsu. Situs tersebut, yang kadang menyerupai situs resmi, dirancang untuk mencuri informasi pribadi dan data pembayaran. Untuk mengurangi risiko ini, cukup klik tautan dari sumber dan situs web tepercaya, atau masukkan alamat situs web secara manual ke browser Anda.

Jangan Membagikan Informasi Pribadi Secara Berlebihan

Bersikaplah bijaksana saat membagikan informasi pribadi secara online. Toko online resmi biasanya tidak memerlukan data sensitif seperti nomor jaminan sosial untuk pembelian standar. Jika permintaan informasi pribadi yang tidak perlu menimbulkan kecurigaan, jangan memberikannya dan percayalah pada naluri Anda.

Jangan berbelanja di jaringan Wi-Fi Publik

Hindari melakukan transaksi belanja online saat terhubung ke jaringan Wi-Fi publik untuk meminimalkan risiko intersepsi data oleh penjahat dunia maya. Sebaliknya, pilihlah jaringan yang aman atau manfaatkan opsi pembayaran seluler yang aman seperti Apple Pay atau Google Pay untuk melindungi informasi keuangan Anda dari pengintaian.

Lakukan riset dan baca ulasan

Sebelum melakukan pembelian, lakukan riset menyeluruh dan baca ulasan, terutama untuk penjual independen di platform seperti Etsy atau eBay. Ulasan pelanggan memberikan wawasan berharga mengenai keandalan penjual dan kualitas produk, membantu Anda membuat keputusan yang tepat dan menghindari potensi penipuan.

Aktifkan Multi-Factor Authentication

Tingkatkan keamanan akun online Anda dengan mengaktifkan MFA jika memungkinkan. Lapisan perlindungan tambahan ini mempersulit orang yang tidak berwenang untuk mengakses akun Anda, sehingga mengurangi risiko aktivitas penipuan.

Berbelanjalah hanya di situs web yang Anda anggap aman

Prioritaskan berbelanja di situs web aman dengan enkripsi HTTPS dan cari ikon gembok di bilah alamat browser untuk memverifikasi keamanan situs. Situs web trepercaya menerapkan langkah-langkah keamanan yang kuat untuk melindungi informasi sensitif Anda dan menawarkan lingkungan belanja yang aman.

Selalu Perbarui Perangkat Lunak

Perbarui perangkat lunak dan aplikasi perangkat Anda secara berkala untuk memitigasi kerentanan dan melindungi terhadap ancaman keamanan siber yang muncul. Pembaruan perangkat lunak sering kali mencakup patch dan penyempurnaan keamanan yang memperkuat pertahanan perangkat Anda, sehingga meningkatkan keamanan belanja online Anda secara keseluruhan.

Gunakan password yang kuat dan unik

Password yang kuat dan unik untuk setiap akun online akan meminimalkan risiko akses tidak sah. Pertimbangkan untuk menggunakan password manager untuk membuat dan menyimpan password rumit dengna aman, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk mengingat beberapa kredensial login.

Pantau riwayat transaksi

Tetap waspada dengan memantau riwayat transaksi Anda secara berkala melalui online banking atau mobile apps. Segera tinjau aktivitas akun Anda untuk mendeteksi tagihan tidak sah atau mencurigakan, sehingga Anda dapat segera mengambil tindakan jika terjadi transaksi penipuan.

Hypernet, Managed Service Provider terpercaya di Indonesia, menawarkan solusi proaktif untuk melindungi transaksi online Anda dan meningkatkan postur keamanan siber Anda.

icon