Melindungi Bisnis dari Serangan Malware: Memilih Antivirus Tepat
Artikel

Melindungi Bisnis dari Serangan Malware: Memilih Antivirus Tepat

Serangan malware dan virus masih merupakan momok bagi perusahaan. Bagaimana tidak, serangan tersebut dapat mematikan bisnis akibat data yang korup atau perangkat yang rusak. Terlebih lagi, perangkat yang tersusupi keduanya membuat peretas dapat mencuri informasi penting dari perusahaan. Kemudian, melancarkan serangan ransomware yang menyita data tersebut.

Memasang program antivirus merupakan langkah yang tepat untuk melindungi perangkat dari malware, spyware, dan software berbahaya lainnya. Antivirus didesain untuk mendeteksi dan menghapus ancaman-ancaman tersebut sebelum dapat merusak.

Tips memilih antivirus

Dinilai baik oleh pengguna, pelaku tes independen, dan para ahli

Untuk menentukan bahwa suatu antivirus baik, ceklah review pengguna, pelaku tes independen, dan para ahli. Anda dapat melihat review pengguna di forum-forum, Quora, Reddit, dan TrustPilot. Anda juga dapat melihat hasil tes antivirus yang dilakukan oleh program benchmarking seperti Virus Bulletin. Ketahui juga pendapat para ahli tentang antivirus yang hendak Anda gunakan di situs-situs seperti PC World, Techradar, dan Softpedia.

Cek kompatibilitas perangkat

Pilihlah program antivirus yang kompatibel dengan sistem operasi perangkat dan jenis perangkat. Anda tidak bisa menggunakan antivirus berbasis Windows untuk perangkat Desktop di perangkat berbasis iOS.

Mempunyai level proteksi tinggi

Apabila perangkat hanya digunakan untuk pekerjaan sederhana, seperti browsing internet, mengecek email, dan memakai media sosial, maka Anda mungkin tidak membutuhkan program antivirus yang powerful. Akan tetapi, perusahaan membutuhkan antivirus yang dapat melindungi dari pekerjaan sensitif, seperti online banking, pekerjaan kantoran, atau menyimpan data pribadi. Karena itulah, pilih program antivirus yang menawarkan proteksi lebih, seperti proteksi real-time dan proteksi ransomware.

Mudah digunakan

Beberapa program antivirus sangat rumit digunakan, dan beberapa sangat user-friendly. Pilihlah antivirus yang paling nyaman untuk Anda gunakan. Baca review atau cobalah versi trial untuk mengetahui antivirus mana yang paling nyaman digunakan.

Pilih versi berbayar

Beberapa antivirus memang disediakan gratis atau memiliki versi gratis dan berbayar. Antivirus berbayar memiliki biaya langganan tertentu.

Secara umum, antivirus gratis sudah cukup untuk pengguna biasa. Namun, pebisnis perlu mempertimbangkan antivirus berbayar. Versi berbayar memiliki proteksi ekstra dan beberapa fitur keamanan tambahan. Harga langganannya biasanya berdasarkan pada fitur software dan level proteksi.

Fitur lengkap

Pertimbangkan fitur yang ditawarkan program antivirus. Beberapa antivirus mempunyai fitur tambahan seperti firewall, manajemen password, proteksi pencurian identitas, kontrol orang tua, proteksi email, layanan VPN, proteksi web, dan masih banyak lagi. Jika Anda tidak membutuhkan fungsi-fungsi tambahan ini, Anda dapat menghemat uang dengan memilih program antivirus dasar. Namun, pastikan antivirus mempunyai fitur-fitur proteksi utama.

Sering diperbarui

Antivirus yang baik sering memperbarui library-nya. Database definisi virus yang sering update lebih kuat untuk mematikan virus-virus terbaru. Pilihlah antivirus yang menawarkan pembaruan berkala dan otomatis untuk memastikan perangkat Anda selalu terproteksi.

Reputasi baik

Program antivirus yang populer dan dapat diandalkan akan lebih menawarkan proteksi lebih baik daripada yang kurang populer. Ketahui reputasi program antivirus dengan membaca review online dari pengguna atau para ahli di bidang keamanan digital. Lihat juga apakah program tersebut sudah pernah mendapatkan penghargaan dari organisasi terpercaya.

Kualitas support system

Anda perlu antivirus dengan support system yang dapat diandalkan, artinya dapat dihubungi setiap saat. Layanan konsumen harus mudah dikontak ketika ada masalah dengan program yang Anda gunakan. Maka dari itu, cek juga review tentang support system antivirus yang ingin Anda gunakan.

Nah, itulah dia beberapa cara memilih antivirus untuk melindungi bisnis dari serangan malware. Terapkan ini supaya perangkat dan jaringan perusahaan Anda semakin aman tak tertembus penjahat siber.

Hypernet dapat membantu Anda menyediakan antivirus terbaik untuk perangkat dan jaringan Anda. Yuk, hubungi CS untuk informasi selengkapnya.

icon