Keamanan Perangkat Mobile: Tips Menghindari Serangan Cyber
Artikel

Keamanan Perangkat Mobile: Tips Menghindari Serangan Cyber

Perangkat mobile memudahkan manusia untuk terhubung, berkomunikasi, dan menyelesaikan pekerjaan. Di sisi lain, perangkat tersebut juga menyimpan banyak sekali informasi pribadi. Informasi tersebut rentan jatuh ke tangan yang salah.

Faktor penyebab smartphone rentan diserang

Kerentanan sistem operasi

Sistem operasi yang kedaluwarsa atau aplikasi jahat yang lolos dari pemindaian dapat membuat smartphone Anda rentan diretas.

Menyimpan informasi perbankan

Informasi perbankan dapat terungkap apabila smartphone Anda diretas. Tak hanya dapat meningkatkan risiko ditipu atau dicuri identitasnya, menyimpan informasi perbankan di smartphone berisiko rekening Anda dikuras oleh peretas.

Jatuh ke tangan yang salah

Smartphone, meskipun sudah dilindungi dengan password atau sensor sidik jari, selalu memiliki risiko jatuh ke tangan yang salah. Pencuri atau orang yang menemukan smartphone Anda dapat mengakses semua data pribadi Anda.

Tips mengamankan perangkat mobile dari serangan cyber

Kunci smartphone dengan menggunakan PIN, pola, atau password

Tips ini sangat berguna untuk segera mengamankan akun ketika ponsel jatuh ke tangan yang salah. Fitur keamanan ini memastikan smartphone tetap terproteksi dan tidak dapat diakses data maupun aplikasinya.

Buatlah password yang kuat untuk setiap akun

Jangan menggunakan password yang mudah ditebak atau sama di seluruh akun.

Pastikan sistem operasi dan aplikasi versi terbaru

Peretas selalu mencari kerentanan untuk dieksploitasi sehingga Anda perlu memperbarui sistem operasi dan aplikasi agar lebih aman.

Install antivirus software

Antivirus membantu melindungi ponsel dari malware dan ancaman lainnya.

Pasang remote wipe untuk berjaga-jaga ketika smartphone hilang atau dicuri

Remote wipe dapat menghapus semua data dari smartphone dari jarak jauh untuk mencegah seseorang mengakses informasi pribadi ketika ponsel hilang atau dicuri.

Jangan menyimpan data sensitif di smartphone

Informasi sensitif seperti data perbankan dan nomor asuransi tak boleh disimpan di smartphone.

Hindari mengeklik tautan atau mengunduh file dari sumber tak dikenal

Jika Anda menerima pesan teks dari nomor tak dikenal berisi tautan atau file, jangan diklik. Pesan tersebut bisa jadi merupakan upaya phising untuk mendapatkan informasi pribadi Anda.

Sembunyikan pesan iPhone atau Android dari lock screen

Fitur pratinjau pesan dari lock screen bisa berbahaya ketika berisi informasi penting dan dilihat oleh orang jahat. Sembunyikan fitur tersebut agar tak seorang pun melihatnya kecuali membuka kunci smartphone Anda.

Hati-hati dengan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth

Jaringan Wi-Fi publik rentan disusupi. Jadi, jangan lakukan hal-hal seperti berbelanja atau perbankan online di jaringan ini. Hindari jua memasangkan smartphone dengan perangkat Bluetooth tak dikenal karena dapat digunakan untuk meretas smartphone Anda.

Gunakan teknologi otentikasi canggih

2-Factor Authentication (2FA) dan biometric authentication menambahkan lapisan keamanan ekstra ke smartphone.

Unduh hanya dari sumber terpercaya

Gunakan hanya Store resmi untuk mengunduh aplikasi, seperti Apple App Store untuk ponsel iPhone dan Google Play Store untuk Android.

Pastikan aplikasi tidak mengakses pengaturan perizinan yang tidak perlu

Saat menginstall aplikasi, periksa pengaturan izin yang diminta. Jika Anda menilai aplikasi tersebut seharusnya tidak meminta izin tertentu, seperti layanan lokasi, jangan berikan akses.

Gunakan pengaturan keamanan dan privasi

Sesuaikan pengaturan privasi dan keamanan bawaan smartphone dengan kebutuhan Anda. Pilih metode kode kunci, sensor sidik jari, atau teknologi Face ID untuk membuka kunci smartphone Anda.

Cek perizinan aplikasi dan privasi smartphone

Secara rutin, Anda perlu mengecek privasi dan izin smartphone Anda untuk memastikan tidak ada pengaturan yang berubah tanpa sepengetahuan Anda. Kebiasaan ini membantu Anda menemukan potensi risiko keamanan.

Berikan perlindungan terhadap SIM Swapping

SIM Swapping terjadi ketika seseorang mendapatkan akses ke ponsel Anda dengan menggunakan kartu SIM Anda. Serangan pencurian identitas ini dapat dicegah dengan menyiapkan kode PIN untuk kartu SIM Anda, atau menggunakan layanan seperti Project FI Google yang memiliki fitur keamanan bawaan.

Terapkan tips di atas untuk menghindari serangan cyber yang menyerang smartphone. Hypernet dapat membantu Anda mengamankan jaringan perusahaan supaya terbebas dari serangan cyber. Yuk, hubungi CS untuk mengetahui informasi lengkap paketnya!

icon