10 Solusi Keamanan Siber Terbaik untuk Bisnis Anda
Artikel

10 Solusi Keamanan Siber Terbaik untuk Bisnis Anda

Ancaman siber, baik itu menyerang personal maupun perusahaan, sama-sama merugikan. Akan tetapi, ancaman siber untuk skala perusahaan tidak hanya berkutat pada pencurian data pribadi saja tetapi juga bisa mengancam kesehatan perusahaan. Anda perlu menerapkan solusi keamanan siber terbaik untuk melindungi bisnis dan mengurangi risiko serangan dunia maya.

Berikut ini langkah-langkah keamanan siber yang perlu dijalankan oleh setiap entitas perusahaan, dari pimpinan sampai karyawan magang, yang sangat membantu mencegah serangan siber yang dapat mengancam bisnis Anda.

  • Beri tahu karyawan tentang kebijakan keamanan siber perusahaan

Lakukan briefing kepada semua karyawan untuk menginformasikan praktik dan kebijakan keamanan siber IT perusahaan. Buatlah atau mintalah staf IT untuk membuat buku panduan penggunaan Internet yang tepat. Nantinya, buku panduan ini berisi bahasan komprehensif kebijakan keamanan siber bisnis Anda.

  • Gunakan password yang aman untuk melindungi semua perangkat

Serangan siber banyak bermula dari peretasan password. Jagalah akses baik ke perangkat maupun ke jaringan dengan password yang kuat dan unik.

Password yang kuat dan unik terdiri dari kata sandi kombinasi karakter khusus, angka, dan huruf. Pastikan Anda dan setiap karyawan memiliki username dan password berbeda untuk mengakses jaringan kantor. Wajibkan pula semua karyawan untuk menggunakan two-factor authentication saat mengakses data bisnis sensitif. Pastikan informasi apa pun bahkan usernames terungkap ke pihak ketiga.

  • Perbarui perangkat lunak perusahaan

Perangkat lunak (software) yang kurang update dapat menjadi celah penjahat dunia maya untuk memasuki jaringan komputer perusahaan. Sebab, aplikasi usang memiliki kerentanan-kerentanan yang telah diketahui peretas. Pastikan semua aplikasi yang dipakai sudah versi terbaru dan lakukan update secara teratur sesegera mungkin setelah update tersedia.

  • Pasang firewall untuk mengamankan jaringan

Salah satu cara mencegah serangan siber adalah dengan memasang firewall yang terpercaya. Firewall berfungsi menghalangi data Anda dengan penjahat dunia maya. Ini merupakan praktik efektif untuk memberikan perlindungan tambahan.

  • Pasang perangkat lunak anti-malware

Semua perangkat komputer karyawan dan jaringan perusahaan harus dipasangi anti-malware untuk menangkal serangan phising. Jika serangan phising berhasil dilakukan, penjahat siber biasanya akan meng-install malware di komputer karyawan.

  • Rutinlah mencadangkan (back up) data

Back up data Anda secara berkala termasuk yang disimpan di cloud. Pastikan juga untuk memeriksa server lokal dan cloud secara rutin untuk memastikan pencadangan data berfungsi dengan benar.

  • Amankan jaringan wi-fi perusahaan Anda

Jaringan wi-fi rentan disusupi serangan siber. Karena itulah, pastikan jaringan tersebut aman, terenkripsi, dan tersembunyi. Anda bisa melakukannya dengan tidak mem-broadcast nama jaringan dan melindungi aksesnya dengan password yang kuat.

  • Waspadai serangan siber untuk perangkat seluler

Mobile devices juga menjadi salah satu endpoints yang rentan disusupi serangan siber. Apalagi, jika perangkat menyimpan data bisnis rahasia. Wajibkan semua karyawan melindungi perangkat pribadi dengan password, memasang aplikasi keamanan, dan mengenkripsi data. Dalam briefing perusahaan terkait pencegahan ancaman siber, sampaikan juga protokol untuk melaporkan perusahaan yang hilang atau dicuri.

  • Ingatkan karyawan untuk tidak berbagi informasi sensitif di media sosial

Media sosial memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.  Peretas dapat menggunakan media sosial untuk seolah-olah menjadi teman Anda dan karyawan, untuk kemudian mendapatkan informasi berharga. Informasi yang didapat bisa seputar informasi pribadi yang harmless sampai rahasia perusahaan. Jangan remehkan informasi sepele karena bisa membantu hackers untuk mendapatkan informasi yang lebih berharga.

  • Batasi otoritas instalasi aplikasi

Buatlah sistem perusahaan di mana karyawan hanya dapat mengakses secara terbatas ke semua sistem data dan instalasi perangkat lunak. Karyawan tertentu mungkin diberikan akses instalasi yang hanya memenuhi kebutuhan khusus mereka. Instalasi ini pula harus diketahui dan diizinkan oleh administrator jaringan.

Hypernet menyediakan layanan untuk mengelola sistem keamanan untuk mencegah ancaman dan serangan siber. Silakan hubungi CS untuk informasi lebih lanjut.

icon