Keamanan Cyber dalam Bisnis_ Tips untuk Menjaga Karyawan Anda Aman di Era Digital
Artikel

Keamanan Cyber dalam Bisnis: Tips Menjaga Karyawan Anda Aman di Era Digital

Dalam aspek kehidupan apa pun, perubahan memang selalu menjadi hal yang menantang. Apalagi, dunia bisnis selalu berkembang. Jika tidak beradaptasi, bisnis Anda akan tergerus oleh zaman dan pesaing yang melakukan penyesuaian-penyesuaian terhadap perubahan zaman.

Tentu saja, tidak hanya pemilik dan petinggi perusahaan tetapi juga karyawan harus selalu mengikuti perkembangan zaman. Karyawan perlu turut serta menyukseskan transformasi digital. Sebagai pemimpin perusahaan, Anda dapat memastikan karyawan Anda aman di era digital dengan cara sebagai berikut:

Pahami karyawan perlu beradaptasi di era digital

Digitalisasi membutuhkan proses. Karyawan perlu beradaptasi dengan model kerja baru. Anda sebagai pemimpin perusahaan dapat mengakselerasi adaptasi ini dengan mengadakan konferensi video dan program orientasi. Bila perlu, adakan program pelatihan singkat tentang penggunaan aplikasi digital dan kebijakan bekerja di kantor virtual. Jelaskan pula keuntungan dari digitalisasi perusahaan.

Sediakan perangkat seluler dan komputer yang dibutuhkan

Anda dapat menyediakan alat seperti komputer dan perangkat seluler untuk karyawan. Perangkat elektronik tersebut dapat digunakan untuk berkomunikasi secara efektif dengan seluruh tim, mengakses data cloud, dan mengerjakan tugas-tugas individu sesuai alurnya yang telah didigitalisasi. Penyediaan perangkat memudahkan perusahaan untuk menghindari kemungkinan masalah dengan lebih mudah. Sebab, perusahaan dapat menginstal perangkat lunak yang berfungsi mengamankan perangkat, data, dan jaringan.

Jalin komunikasi efisien melalui perangkat dan aplikasi yang aman

Berkat perkembangan teknologi, ruang kerja tidak hanya sebatas ruang kantor saja tetapi dapat berada di mana saja. Teknologi yang menghilangkan sekat ruang, waktu, dan tempat ini memberikan kebebasan bagi karyawan sepanjang dapat memenuhi semua tanggung jawab mereka.

Meskipun demikian, fleksibilitas yang ditawarkan oleh ruang kerja digital ini hanya dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan jika disertai dengan komunikasi yang efisien. Maka, tentukan cara untuk berhubungan antara karyawan dengan kolega atau manajer. Pilihlah aplikasi yang aman untuk memastikan data yang dikirimkan terlindung.

Gunakan kalender digital

Metode kerja remote working atau hybrid working dapat menghasilkan kinerja kolektif yang harmonis dari karyawan karena karyawan dibebaskan untuk sedikit mempersonalisasi cara dan gaya kerja masing-masing. Penggunaan kalender digital memungkinkan semua karyawan menampilkan tanggal yang direncanakan untuk deadline proyek, rapat, atau acara-acara perusahaan lainnya. Budaya ini membantu karyawan untuk bekerja sesuai deadline dan tetap fokus sehingga akses ke distraksi mengandung ancaman siber bisa diminimalkan.

Gunakan penyimpanan cloud yang aman

Digitalisasi dokumen mengurangi beban perusahaan dari beban fisik dokumen dengan memungkinkan penyimpanan yang aman di ruang digital. Teknologi cloud memungkinkan transfer semua arsip data ke mana saja di dunia dan dapat diakses setiap saat. Pastikan perusahaan menggunakan alat penyimpanan data cloud sendiri untuk membuat ruang kerja digital lebih efisien dan aman bagi karyawan.

Tingkatkan keterlibatan karyawan dalam meningkatkan keamanan digital

Kepribadian dan kebiasaan karyawan juga dapat memengaruhi kehidupan kerja mereka. Untuk mengurangi turnover karyawan dan membangun tim yang kuat, jadilah pemimpin yang peduli terhadap karyawan dan menjalin ikatan yang kuat. Ajak karyawan untuk mengisi survei, buat laporan tentang pengamatan karyawan, dan dukung karyawan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Hypernet membantu Anda menciptakan lingkungan kerja digital yang nyaman dan aman bagi seluruh lapisan pegawai perusahaan. Hubungi CS untuk mendapatkan penawaran menarik lebih lanjut.

icon