Keamanan Cyber untuk Bisnis: Mencegah Serangan dan Kerugian Finansial
Artikel

Keamanan Cyber untuk Bisnis: Mencegah Serangan dan Kerugian Finansial

Serangan siber dapat melumpuhkan kondisi finansial sebuah bisnis, baik itu perusahaan kecil maupun besar. Konsekuensi dari sebuah serangan siber pun sangat besar. Bahkan, perusahaan yang tak dapat segera bangkit dari keterpurukan setelah serangan siber kemungkinan besar berakhir gulung tikar.

Cara termudah dan terefektif untuk menanggulangi serangan siber tentu saja dengan mengimplementasikan metode deteksi dan keamanan. Sebagian besar perusahaan hanya mengalokasikan sebagian kecil dari anggaran IT untuk langkah-langkah keamanan jaringan preventif. Sementara itu, anggaran IT lebih banyak digunakan untuk aktivitas deteksi, mitigasi, pemulihan, dan perbaikan.

Meskipun mengalokasikan dana untuk memulihkan dan memerbaiki kerusakan akibat serangan siber itu penting, Anda juga harus menyadari bahwa investasi dalam strategi pencegahan akan secara signifikan mengurangi kemungkinan bisnis menjadi korban serangan siber.

Kasus data breaching yang meningkat membuat pemimpin bisnis ingin memastikan bahwa perusahaannya siap menghadapi dampak dari data breaching. Berikut langkah-langkah yang dapat diambil:

Delapan langkah mudah hemat biaya untuk mencegah serangan siber dan kerugian finansial

Lakukan audit penilaian risiko keamanan siber

Manajemen IT perlu menggunakan pendekatan dua bagian untuk menjalankan perlindungan keamanan IT proaktif. Yang pertama, audit perlu dilakukan terhadap aktivitas keamanan data saat ini sehubungan dengan potensi ancaman. Yang kedua, pihak IT perlu mengembangkan rencana penilaian risiko. Tindakan penilaian risiko tersebut harus mencakup tindakan pencegahan dan kebijakan untuk menangani kerentanan yang teridentifikasi dalam audit untuk melindungi data perusahaan.

Terapkan next-generation firewall

Firewall terbaru memberikan perlindungan di gateway jaringan (on-premise atau di cloud) dengan solusi lengkap yang mencakup pemfilteran konten web dan aplikasi, pemblokiran virus, pencegahan intrusi, dan konektvitas jarak jauh yang aman. Next-generation firewall juga menyertakan peningkatan produktivitas karyawan misalnya kontrol aplikasi dan bandwidth shaping.

Terapkan perlindungan end point

Perusahaan dan karyawan menggunakan beragam perangkat untuk mengakses jaringan kantor. Laptop, tablet, ponsel, dan perangkat IoT lainnya dapat menjadi celah kerentanan. Karena itulah, menerapkan keamanan endpoint di seluruh jaringan menambahkan lapisan tambahan untuk mencegah serangan siber. Batasi akses web ke situs yang diketahui menyebarkan malware dan kontrol filter web tertentu ke perangkat perusahaan untuk memastikan keamanan perangkat dan jaringan.

Jadwalkan network backup

Backup rutin yang meliputi database dan konfigurasi jaringan harus disimpan di lokasi berbeda di luar jaringan. Backup sangat penting untuk menanggulangi data breaching, mengurangi kebutuhan untuk membayar permintaan uang tebusan, dan membatasi waktu henti jaringan bagi karyawan. Karena kebutuhannya penting, buat jadwal dan patuhi jadwal tersebut.

Sediakan VPN untuk karyawan hybrid dan remote

Karyawan remote sebaiknya menggunaakn VPN untuk mengakses aplikasi atau data penting bisnis saat masuk ke jaringan di luar kantor. VPN memperluas kebijakan keamanan jaringan ke perangkat jarak jauh, melindunginya dari penyusup yang mengintai di WiFi publik atau jaringan rumah.

Implementasikan kebersihan passwords

Minta karyawan untuk sering mengganti password, menggunakan rekomendasi password yang kuat, dan mengaktifkan two-factor authentication jika tersedia. Langkah-langkah tersebut membantu menjaga keamanan kredensial dan informasi bisnis penting.

Kelola kebijakan akses direktori

Lindungi informasi penting perusahaan dengan membatasi akses ke file tertentu berdasarkan status karyawan, departmen, dan jabatan bisnis saat ini. Misalnya, karyawan di bidang pemasaran tidak perlu memiliki akses ke neraca departemen keuangan. Sebab, bagian yang tidak berwenang mengakses namun memiliki akses ini dapat memiliki implikasi serius. Jika kredensial satu karyawan disusupi, berisiki adanya akses tidak sah ke setiap file di jaringan.

Berikan pelatihan karyawan secara terus-menerus

Penjahat siber akan selalu mencari dan menemukan cara baru untuk menyusup ke jaringan. Karena itulah, berikan pelatihan secra berkala supaya karyawan tetap terlatih dan up to date.

Berikan briefing dan training seputar:

  • Tanggung jawab data perusahaan dan regulasi kepatuhan
  • Pemeliharaan password dan kredensial
  • Tanggung jawab email pribadi, serta memberikan informasi identifikasi taktik phising yang berkembang
  • Kebijakan perangkat perusahaan dengan memperhatikan konektivitas VPN dan menjaga perangkat perusahaan dari pencurian

Hypernet siap membantu perusahaan Anda melakukan tindakan preventif pencegahan serangan siber. Silakan hubungi CS untuk mendapatkan penawaran paket terkini.

icon