Keamanan Siber untuk Startup: Cara Terbaik Memulai Bisnis Anda dengan Aman di Era Digital
Artikel

Keamanan Siber untuk Startup: Cara Terbaik Memulai Bisnis Anda dengan Aman di Era Digital

Perusahaan startups harus selalu berevolusi mengikuti zaman. Startups yang berhasil mampu beradaptasi di tengah-tengah lansekap industri teknologi yang selalu berubah. Kelincahan ini memang sangat penting untuk bertahan. Namun, di sisi lain, juga menciptakan kesempatan untuk risiko-risiko baru.

Alasan mengapa startups perlu memprioritaskan keamanan siber

  • Startups lebih cenderung menjadi sasaran serangan siber sebab sumber daya keamanannya lebih sedikit daripada perusahaan yang lebih besar
  • Data breach dapat menyebabkan kerugian finansial yang signifikan, yang mungkin tidak dapat dipulihkan karena startups masih dalam fase pengembangan
  • Serangan siber dapat mematikan reputasi startups yang belum lama berdiri
  • Keamanan siber dapat menjadi pembeda kompetitif di antara startups lainnya yang cenderung tidak memiliki kebijakan yang tegas mengenai keamanan data
  • Startups yang serius tentang keamanan siber lebih dapat diterima pasar untuk menjalankan bisnis

Praktik-praktik keamanan siber berikut ini penting dilakukan oleh setiap pemilik startups baru

Kelola manajemen password dan otentitfikasi multifaktor dengan baik

Meski pemilik startup berkembang sudah memahami bahwa semua data bisnis rahasia di balik password, sedikit dari mereka yang mengelola password dengan benar. Pada faktanya, manajemen password seringkali diabaikan.

Jangan pernah menggunakan password yang sama dua kali. Gunakan pengelola password untuk membuat beberapa password kompleks dan simpan di brankas terenkripsi.

Selain manajemen password yang baik, otentifikasi multifaktor juga harus dimiliki. Setiap kali perlu mengakses dengan menggunakan password, otentifikasi multifaktor mengirimkan konfirmasi ke ponsel atau email. Karena hanya Andalah yang memiliki akses ke password dan ponsel atau email Anda, pihak yang tidak berwenang yang berusaha mengakses akan dicegah aksesnya.

Pertimbangkan untuk melakukan enkripsi penyimpanan

Startups mana pun akan dapat rusak reputasinya gara-gara kebocoran data. Pastikan informasi pribadi pelanggan aman karena jika tidak, pelanggan akan berpaling ke perusahaan lain untuk bekerja sama.

Supaya data pribadi pelanggan dan perusahaan tetap aman, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam software enkripsi tambahan. VPN mengenkripsi data dalam transit. VPN mencegah penjahat siber untuk memantau aktivitas online. Jika Anda banyak melakukan bisnis di cloud, carilah software yang dapat mengenkripsi file. Unggah data ke cloud dalam bentuk terenkripsi untuk mengamankannya.

Pasang antivirus dan firewall

Firewall melindungi komputer di tingkat jaringan dengan memeriksa data yang data dan keluar, lalu menyaringnya. Firewall memblokir akses data yang mengandung elemen jahat.

Akan tetapi, firewall terbaik tak dapat memastikan perlindungan 100%. Oleh karena itu, Anda tetap harus memasang antivirus di setiap perangkat yang Anda gunakan. Antivirus bekerja melawan serangan internal seperti virus, trojan horse, dan spyware. Antivirus secara kontinyu memindai sistem Anda dari infeksi dan mengisolasinya untuk mencegah kerusakan.

Jangan menggunakan software bajakan

Untuk menghemat uang, startups biasanya memilih menggunakan software bajakan. Namun, langkah ini malah akan memboroskan uang jika software tersebut menjadi sumber serangan virus. Jadi, gunakan semua software secara legal. Gunakan pula hanya browser yang kredibel seperti Google Chrome atau Firefox karena mereka sudah memiliki sistem pertahanan terhadap malware.

Ciptakan kesadaran di antara karyawan

Berikan edukasi kepada karyawan tentang pentingnya mencegah serangan siber. Sebab terkadang, sistem berhasil diretas karena karyawan yang sembrono:

  • Membagikan email dan password bisnis dengan siapa pun
  • Membuka tautan spam apa pun
  • Menggunakan software selain yang diizinkan, dan
  • Mengabaikan peringatan antivirus

Periksa undang-undang regulasi data nasional

Periksa dan patuhi undang-undang regulasi data yang ada di negara Anda. Peraturan tersebut mengandung prosedur keamanan yang harus diikuti perusahaan mana pun untuk memastikan keamanan data pengguna.

Hypernet membantu startups mengelola keamanan siber. Hubungi CS untuk informasi lengkap mengenai paket penawaran pengelolaan keamanan siber untuk perusahaan.

icon