Tips Menentukan Perangkat Access Point Yang Tepat Untuk Di Kantor
Artikel

Tips Menentukan Perangkat Access Point Yang Tepat Untuk Di Kantor

Access Points merupakan salah satu faktor krusial dalam membuat jaringan wireless perusahaan berkualitas tinggi. Pemilihan Hardware yang tepat menjadi pondasi sistem yang kuat dan scalable.

Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Perangkat Access Point

Jangkauan

Jangkauan yang dapat dicakup oleh Access Point merupakan parameter penting, dan Wireless Access Point dengan cakupan area yang lebih besar akan lebih menguntungkan. Hal ini untuk mengurangi jumlah dan biaya Access Point yang digunakan.

Kesimpulannya, pilihlah Access Point sesuai dengan luas area yang ingin dicover. Jika perusahaan Anda berencana untuk melakukan ekspansi dalam waktu dekat, perlu dipertimbangkan untuk memilih Access Point dengan jangkauan yang luas untuk mempersiapkan pertumbuhan.

Kecepatan

Kecepatan merupakan kebutuhan mutlak untuk jaringan perusahaan, sehingga Access Point harus mendukung 802.11ac yang dapat mencapai hingga 1200Mbps. Seiring dengan perkembangan zaman, nantinya akan muncul Access Point yang mendukung kecepatan lebih tinggi, misalnya protokol 802.11ax dengan kecepatan hingga 2Gbps.

Gain Antenna

Antena Access Point nirkabel pada dasarnya terpasang di dalam, bukan eksternal seperti antena router. Antena pada Access Point nirkabel sangatlah penting, hal ini secara langsung akan memengaruhi kekuatan sinyal dan jangkauan transmisi Access Point nirkabel. Maka, pilihlah Access Point yang memiliki antena booster.

Guest Access

Pelanggaran data dan masalah keamanan siber lainnya kini terjadi setiap hari. Saat orang menggunakan ponsel dan komputer mereka melalui Internet, masalah keamanan diperkirakan tidak akan terjadi. Sistem modern memiliki sistem akses tamu cerdas yang menerapkan kebijakan keamanan perusahaan. Hal ini memastikan bahwa tamu tetap aman di jaringan. Selain itu, tidak perlu khawatir tentang akses dari perangkat yang tidak aman.

Tidak Memerlukan Kontroler Hardware

Di masa lalu, Access Point juga memerlukan teknisi IT dengan pengetahuan khusus untuk beroperasi dari komputer. Namun, hal tersebut kini tak lagi diperlukan. Access Point Wi-Fi 6 terbaru, misalnya, menggunakan kontrol Software dalam jaringan dan tidak memerlukan pengontrol eksternal. Kontrol berbasis Software memiliki banyak keunggulan dibandingkan Access Point sebelumnya yang bergantung pada Hardware. Anda tidak hanya hemat tempat tetapi juga menghilangkan kemungkinan satu titik kegagalan dalam jaringan.

Manajemen Berbasis Cloud

Access Point dengan fitur manajemen berbasis cloud adalah suatu keharusan bagi perusahaan besar saat ini. Kemampuan jarak jauh ini mencakup kemampuan mengontrol akses perangkat dan bandwidth serta memantau jaringan secara keseluruhan untuk masalah kinerja dan keamanan.

Teknologi Wi-Fi

Ketahui apakah Anda membutuhkan perangkat dengan teknologi Access point MESH, MIMO, atau POE. Teknologi MESH dapat digunakan pada peralatan rumah tangga dan komersial. Teknologi MIMO secara signifikan mengurangi efek pemblokiran yang mempengaruhi sinyal Wi-Fi, sehingga mengurangi kecepatan data. Teknologi POE mengadopsi teknologi kabel berdaya rendah dan dapat mengirimkan sinyal hingga 100M.

Harga

Harga tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas sebuah Access Point. terkadang harga yang tinggi tidak hanya meningkatkan biaya, tetapi juga menyebabkan pemborosan fungsi dan kinerja produk. Namun harga yang terlalu rendah dapat menggoda orang untuk membeli produk berkualitas rendah atau palsu. Jadi yang terbaik adalah memiliki pemahaman yang jelas tentang kinerja Access Point nirkabel yang sebenarnya, agar tidak termakan iklan.

Masih bingung menentukan perangkat Access Point yang tepat untuk perusahaan Anda? Yuk, konsultasikan sekarang dengan Hypernet.

icon