Ini Bedanya Router Single Band Dan Dual Band, Mana Lebih Bagus?
Artikel

Ini Bedanya Router Single Band Dan Dual Band, Mana Lebih Bagus?

Router yang berkualitas sangat penting agar koneksi internet lancar. Akan tetapi, tidak semua router sama, dan tipe router Anda dapat membawa dampak besar pada pengalaman Anda menjelajah dunia maya.

Pengertian Single Band Router

Single Band Router menggunakan satu pita frekuensi (2,4 GHz) untuk menyampaikan sinyal wireless. Perangkat lama menggunakan standar 802.11g yang mendukung kecepatan data hingga 54Mbps. Sedangkan router yang lebih baru menggunakan router Wireless-N (802.11n) yang beroperasi pada frekuensi 2,4Ghz dan menawarkan kecepatan hingga 800Mbps.

Penggunaan Single Band Router

Single Band Router biasanya paling cocok untuk mencakup area dengan sedikit perangkat. Router ini bisa menjadi lambat di lingkungan sibuk seperti kantor yang padat dan kompleks dengan beberapa sinyal yang menyala. Hal ini karena sinyalnya jauh lebih rentan terhadap gangguan elektronik.

Meskipun demikian, Single Band Router juga bagus untuk menjelajahi web dan mengirim email, serta aktivitas lain yang tidak menggunakan terlalu banyak bandwidth. Harganya pun lebih ekonomis dan ketersediaannya di toko elektronik lebih banyak.

Pengertian Dual Band Router

Seiring dengan perkembangan teknologi, konektivitas wireless juga mengalami kemajuan pesat. Double Band Route merupakan pengembangan dari Single Band Router dengan kecepatan dan fungsionalitas lebih baik.

Seperti namanya, Dual Band Router dapat mentransmisikan dua jenis frekuensi: 2,4Ghz dan 5GHz. Router jenis ini mengizinkan akses internet wireless pada kedua pita frekuensi tersebut, yang mungkin tidak dapat ditransmisikan secara bersamaan.

Dual Band Router ini menggunakan standar 802.11ac (Wireless AC) yang lebih baru dan secara teoritis membatasi kecepatan internet pada 5.300 Mbps atau lebih tinggi. Namun, hal ini sangat bervariasi berdasarkan produsen dan kualitas perangkat.

Dari segi kinerja, Dual Band Router beroperasi pada kecepatan dan stabilitas yang lebih baik dibandingkan Single Band Router, dan ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar pada Dual Band Router. Mereka juga jauh lebih tahan terhadap interferensi dari frekuensi dan pita lain, menjadikannya ideal untuk aktivitas seperti game resolusi tinggi, streaming video berat, dan lebih cocok untuk lingkungan sibuk seperti kantor besar.

Meskipun demikian, frekuensi 5 GHz memiliki jangkauan yang lebih pendek dibandingkan frekuensi 2,4 GHz, sehingga dapat membatasi jarak router dapat memancarkan sinyal secara efektif. Selain itu, meskipun Dual Band Router lebih mudah diatur, harganya juga cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan Single Band Router.

Perbedaan Single Dan Dual Band Router

Kinerja

Single Band Wi-Fi memiliki kecepatan lebih lambat tetapi jangkauannya lebih jauh. Jadi, Single Band lebih cocok untuk aktivitas dengan bandwidth rendah seperti menjelajahi web, menonton video, dan mengirim email.

Di sisi lain, Dual Band Router memiliki jangkauan lebih panjang dan lebih baik sehingga kekuatan sinyalnya lebih baik. Dual Band Router menggunakan pita 2,4Ghz dan 5GHz sehingga Anda dapat dengan mudah beralih di antara frekuensi tergantung mana yang paling sesuai pada saat itu. Router ini lebih cocok untuk streaming video online dan bermain game. Selain itu, Anda dapat menggunakan Wi-Fi extender untuk lebih meningkatkan jangkauan sinyal.

Kecepatan Jaringan

Berbeda dengan Dual Band Router yang mendukung dua band yaitu 2,4GHz dan 5GHz, Single Band Router hanya menggunakan frekuensi 2,4GHz yang kecepatannya lebih lambat. Dengan router Single Band, Anda mungkin sering mengalami kelambatan, gangguan, batasan kecepatan, dan masalah koneksi. Sementara itu, Dual Band Router menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan menghindari gangguan, masalah koneksi, dan masalah stabilitas.

Kompatibilitas

Saat ingin membeli router, kompatibilitas adalah kriteria penting. Tidak semua perangkat mendukung pita 2,4 GHz dan 5 GHz. Single Band Router mengudara pada frekuensi 2,4GHz sehingga kompatibel dengan banyak penerima wireless. Sementara itu, Dual Band Router berbeda karena dapat terhubung ke perangkat yang kompatibel dengan frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz secara bersamaan. Jika tidak ada perangkat yang kompatibel dengan 5 GHz, perangkat dapat menggunakan pita 2,4 GHz.

Jangkauan

Dual Band Router memiliki jangkauan yang lebih panjang dibandingkan dengan Single Band Router. Single Band Router paling cocok untuk ruangan dan bisnis kecil, sedangkan Dual Band Wi-Fi cocok untuk lingkungan dan organisasi besar.

Stabilitas

Dual Band Router lebih stabil dibandingkan Single Band Router. Gangguan perangkat elektronik dapat mengganggu koneksi internet perangkat Single Band Router. Perangkat ini bersaing untuk mendapatkan ruang pada gelombang radio, sehingga menyebabkan ketidakstabilan jaringan.

Harga

Single Band Router lebih murah dan tidak menyertakan fitur modern seperti penentuan prioritas perangkat atau pemantauan berbasis aplikasi. Dual Band Router lebih mahal, harganya mencapai dua atau tiga kali lipat harga Single Band Router. Seperti yang diharapkan, dia hadir dengan fitur yang lebih modern dan menyediakan bandwidth unggah dan unduh hingga tiga kali lipat dibandingkan versi sebelumnya.

Melihat dari penjelasan di atas, Dual Band Router merupakan pilihan yang lebih baik untuk jaringan perusahaan. Konsultasikan kebutuhan jaringan internet perusahaan Anda dengan Hypernet. Hubungi CS di nomor terkait.

icon