Perbedaan WiFi 2.4GHz, 5GHz, Dan 6GHz: Mana Yang Sesuai Untuk Perusahaanmu?
Artikel

Perbedaan WiFi 2.4GHz, 5GHz, Dan 6GHz: Mana Yang Sesuai Untuk Perusahaanmu?

Wi-Fi Router kini tersedia dalam berbagai macam frekuensi yaitu 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz. Anda perlu memilih router sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Angka 2,4 GHz, 5 GHz, dan 6 GHz mengacu pada pita frekuensi RF spesifik yang disetujui untuk penggunaan wireless tanpa izin.

Angka yang lebih rendah berarti lebih sedikit pengulangan pola gelombang dari waktu ke waktu dan oleh karena itu gelombang yang lebih panjang memiliki jangkauan yang lebih jauh, sedangkan angka yang lebih tinggi berarti lebih banyak pengulangan yang dapat mengirimkan lebih banyak data melalui jarak yang lebih pendek. Sebagai konteks, 1 hertz (Hz) mewakili satu pengulangan per detik, dan 1 gigahertz (GHz) mewakili satu miliar pengulangan per detik.

Berikut Ini Rincian Perbedaan Utamanya

Lebar Gelombang

Spektrum Wi-Fi 2,4 GHz memiliki lebar 70 MHz, dan perangkat biasanya dibatasi pada tiga saluran 20 MHz.

Spektrum Wi-Fi 5GHz memiliki lebar sekitar 500 MHz, dan perangkat dapat menggunakan hingga enam saluran 80 MHz yang lebih besar untuk kecepatan lebih tinggi. Namun, hanya dua dari enam saluran yang selalu tersedia karena empat saluran mungkin dilarang penggunaannya karena cuaca atau radar bandara.

Spektrum Wi-Fi 6 GHz memiliki lebar 1200 MHz (lebih dari dua kali lipat ukuran spektrum 2,4 GHz dan 5 GHz) dan mendukung hingga tujuh saluran 160 MHz yang lebih besar. Hanya perangkat Wi-Fi 6E baru yang dapat mengakses saluran ini, dan memiliki kelebihan kecepatan Wi-Fi mencapai gigabit dan pengoperasian bebas dari gangguan Wi-Fi lama.

Kecepatan

Selain karakteristik saluran, kecepatan transfer data pada umumnya dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti perangkat lain yang menggunakan pita tersebut, benda fisik atau dinding yang mengurangi kekuatan sinyal, atau batasan yang diberlakukan oleh penyedia layanan internet (ISP).

  • 2,4 GHz dapat memberikan kecepatan maksimum over-the-air hingga 100 megabit per detik (Mbps).
  • 5 GHz dapat menghasilkan hingga 1 gigabit per detik (Gbps).
  • 6 GHz dapat menghasilkan hingga 2 Gbps.

Interferensi, Kekacauan Jaringan, Dan Pertentangan Sinyal

2,4 GHz merupakan frekuensi terpanjang yang tersedia di pasaran, sehingga sebagian besar perangkat lawas masih menggunakan frekuensi ini, sehingga menimbulkan banyak kekacauan jaringan. Inilah sebabnya mengapa pengguna di gedung apartemen bisa mengalami masalah konektivitas menggunakan pita 2,4 GHz. 2,4 GHz tidak hanya memiliki jangkauan terpanjang dan kemampuan penetrasi dinding dibandingkan pita-pita yang tersedia, namun juga secara tradisional paling banyak digunakan.

6 GHz, pita terbaru yang tersedia secara komersial, hanya tersedia pada perangkat yang lebih baru dan umumnya lebih canggih. Dengan lebih sedikit perangkat yang saat ini berada pada pita 6 GHz dan lebih banyak saluran yang tersedia, pengguna akan mengalami lebih sedikit kemacetan dan gangguan dari perangkat Wi-Fi lama.

Pilihan Saluran

Untuk mengurangi dampak interferensi, kekacauan jaringan, dan kemacetan sinyal, router atau OS perangkat sudah otomatis menemukan jalur terbaik. Router memilih saluran untuk perangkat tersebut, dan jika terdapat beberapa router atau Access Point, OS perangkat akan memilih Access Point terdekat dengan sinyal terkuat—bahkan jika ada beberapa perangkat lain pada Access Point atau saluran yang sama.

Access Point akan mencoba menghindari saluran yang ditempati oleh jaringan tetangga lainnya. Namun, dengan banyaknya jaringan, perangkat mungkin harus memilih saluran yang lebih kecil untuk menghindari interferensi atau, dalam skenario terburuk, memilih saluran yang sama dengan jaringan lain jika hanya itu saja yang tersedia.

Selain itu, Anda dapat memilih perangkat yang terhubung ke rentang pita frekuensi untuk memberi Anda lebih banyak pilihan konektivitas dan kinerja.

Manakah Yang Cocok Untuk Perusahaan?

Untuk perusahaan kecil yang hanya sedikit bersinggungan dengan internet, menggunakan Wi-Fi 2.4GHz sudah cukup. Sedangkan pada perusahaan yang mengandalkan konektivitas internet cepat terutama untuk voice dan video calls, penggunaan Wi-Fi 5GHz lebih disarankan. Jika memiliki dana berlebih atau memang kebutuhan perusahaan lebih banyak, penggunaan Wi-Fi 6GHz bisa dipertimbangkan. Opsi terakhir mungkin membutuhkan biaya banyak karena selain harga lebih mahal dan ketersediaan router lebih langka, perangkat yang kompatibel dengan 6GHz masih sedikit.

Butuh konsultasi mengenai jaringan internet perusahaan? Hubungi Hypernet sekarang.

icon