Cara Mengoptimalkan Sistem WiFi Publik Untuk Bisnis F&B
Artikel

Cara Mengoptimalkan Sistem WiFi Publik Untuk Bisnis F&B

Kebutuhan generasi sekarang terhadap Wi-Fi sudah menjadi sebuah gaya hidup. Bahkan, di bisnis F&B, ketersediaan Wi-Fi merupakan salah satu faktor penting pelanggan memilih restoran Anda.

Keuntungan memasang Wi-Fi Publik di bisnis F&B Anda

  • Memperpanjang durasi pengunjung sehingga mendorong pengunjung membeli produk lebih banyak
  • Membantu meningkatkan promosi melalui pelanggan yang membagikan pengalamannya selama mengunjungi bisnis Anda
  • Menarik perhatian remote workers dan digital nomads untuk mengunjungi bisnis F&B Anda
  • Mendorong contactless transactions yang lebih praktis dan lebih aman, seperti misalnya dengan menggunakan dompet digital
  • Meningkatkan aksesibilitas untuk tamu internasional, misalnya dengan mengaktifkan alat terjemahan bahasa untuk memperlancar komunikasi

Kelemahan memasang Wi-Fi Publik di bisnis F&B Anda

Di samping keuntungannya, ada pula beberapa kerentanan yang muncul ketika Anda memutuskan untuk memasang Wi-Fi Publik di bisnis F&B Anda, yaitu:

  • Mempengaruhi suasana dan interaksi pelanggan, seperti mengurangi pengalaman bersantap yang memengaruhi kepuasan pelanggan
  • Berkurangnya penjualan per pelanggan akibat pelanggan yang mengeksploitasi Wi-Fi gratis
  • Memperbesar kerentanan ancaman dunia cyber
  • Menambah biaya pemeliharaan dan operasional bisnis F&B

Meski ada pro kontra, keuntungan dari menyediakan Wi-Fi gratis sangat besar dibandingkan dengan kerugiannya. Faktanya, kekhawatiran tentang Wi-Fi gratis dapat diatasi dengan mudah.

Cara mengoptimasi pemasangan Wi-Fi gratis untuk bisnis F&B

Pilih penyedia internet yang andal

Baca dengan teliti apa yang ditawarkan ISP di wilayah Anda. Pilih salah satu yang menawarkan layanan berkecepatan tinggi. Mintalah ISP untuk mengatur koneksi terpisah khusus untuk pelanggan (Guest account) agar keamanan informasi bisnis Anda terjamin.

Pilih layanan yang lebih cepat

Investasikan modal Anda untuk menyewa layanan internet berkecepatan tinggi. Pelanggan lebih suka Wi-Fi yang cepat. Menyediakan Wi-Fi dengan kecepatan tinggi dapat meninggalkan kesan positif pada bisnis F&B Anda, sehingga mendorong kunjungan berulang.

Pastikan peralatan yang dipasang sesuai

Pastikan peralatan yang diperlukan untuk menyediakan Wi-Fi, termasuk modem, router, dan access points berkualitas tinggi. Tempatkan router secara strategis untuk memaksimalkan jangkauan dan kekuatan sinyal di area pelanggan mengakses Wi-Fi.

Atur password

Lindungi jaringan Wi-Fi Anda dari akses tidak sah dengan mengatur password. Aktifkan enkripsi WPA/WPA2 untuk keamanan tambahan. Matikan SSID jaringan pribadi Anda agar pelanggan tidak melihatnya.

Komunikasikan password Wi-Fi kepada pelanggan

Tulislah password untuk pelanggan ini pada papan nama, meja pelanggan, atau di belakang meja kasir untuk kemudahan akses. Akan lebih baik jika akses Wi-Fi Anda hanya diperuntukkan untuk pelanggan yang telah membayar. Hal ini sekaligus mencegah non-pelanggan mengeksploitasi jaringan Anda.

Implementasikan Captive Portal

Tingkatkan akses Wi-Fi Tamu dengan captive portal, halaman web yang ditemui pelanggan saat menyambung ke jaringan. Captive portal dapat diisi form untuk mengumpulkan informasi pelanggan seperti nama dan alamat email. Informasi tersebut dapat Anda gunakan untuk mengirim newsletter tentang bisnis Anda. Selain itu, gunakan halaman ini untuk mengomunikasikan persyaratan layanan atau penawaran khusus kepada pelanggan Anda.

Batasi penggunaan bandwidth

Captive portal juga dapat digunakan untuk membatasi akses ke situs-situs yang memakan bandwidth. Anda dapat mempertimbangkan untuk memblok akses ke situs YouTube, Netflix, atau Disney+. Ini memastikan semua orang mendapatkan koneksi tercepat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengoptimalkan Wi-Fi Publik untuk bisnis F&B Anda. Percayakan pemasangan Wi-Fi Publik ke Managed Service Provider terpercaya seperti Hypernet. Hubungi Call Center kami untuk informasi selengkapnya.

icon