Cloud Computing: Pengertian, Fungsi dan Tantangan Menggunakannya
Artikel

Cloud Computing: Pengertian, Fungsi dan Tantangan Menggunakannya

Peningkatan produktivitas kerja tanpa perlu ribet menginstal aplikasi di komputer tentu menjadi dambaan setiap pengusaha. Terlebih, jika mereka bisa menggunakan hardware dan software terbaru dengan biaya yang lebih murah. Hal inilah yang mendasari munculnya Cloud Computing.

Memang, cloud computing adalah teknologi komputasi yang sebaiknya Anda gunakan, baik secara individu ataupun bisnis. Pasalnya, selain peningkatan produktivitas, Anda nantinya bisa melakukan banyak hal seperti membuat atau menyimpan dokumen dengan lebih mudah, mengetes aplikasi dengan simple dan lainnya.

Namun, apa yang sebenarnya dimaksud dengan cloud computing tersebut dan apa fungsi serta tantangan menggunakannya?

Pengertian Cloud Computing 

Cloud computing merupakan konsep komputasi berbasis internet. Dengan penggunaan konsep ini, maka semua keperluan seperti menyimpan, mengakses dan mengolah data di dalam komputer bisa dilakukan dengan lebih mudah berbekal koneksi internet.

Contoh cloud computing yang umum digunakan adalah layanan penyimpanan seperti Google Drive ataupun layanan pengolah kata seperti Google Docs. Dengan kedua layanan tersebut, Anda bisa menyimpan dan mengakses data melalui internet dengan sangat mudah.

Lebih lanjut, konsep cloud computing juga bisa digunakan secara khusus oleh perusahaan untuk kebutuhan internal. Salah satu fungsinya adalah untuk menyimpan serta mengolah data yang biasanya mengandalkan sebuah data center, baik untuk pengelolaan secara mandiri ataupun menggunakan pihak ketiga,

Fungsi Cloud Computing

Sebenarnya, apa fungsi dari cloud computing tersebut? Setidaknya, ada tiga fungsi penting dari cloud computing yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  1. Menawarkan kemudahan skalabilitas
    Ketika data sebuah perusahaan yang perlu disimpan semakin banyak, maka diperlukan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Jika penyimpanan dilakukan dengan menggunakan server pribadi atau komputer, maka harus ada penambahan komponen penyimpanan.
    Berbeda dengan penggunaan cloud computing, ketentuan di atas tidak perlu dilakukan dan Anda bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan serta kemampuan komputasi lain dengan lebih praktis. Dalam hal ini, Anda hanya tinggal memilih paket layanan dengan spesifikasi yang lebih tinggi sesuai dengan layanan penyedia cloud computing yang digunakan.
  2. Memudahkan akses data
    Pernahkah Anda merasa panik ketika flash disk berisi file presentasi tertinggal padahal presentasi harus segera dilakukan? Perasaan panik dan sederet masalah lainnya tentu tidak akan terjadi jika Anda menggunakan layanan cloud computing.
    Dengan layanan berbasis cloud ini, Anda bisa menyimpan dan mengakses file secara online kapan saja dan di mana saja. Tentu, setiap file yang Anda miliki akan senantiasa tersedia ketika perangkat yang Anda gunakan terhubung dengan internet.
  3. Memudahkan kolaborasi
    Fungsi lain dari cloud computing adalah memudahkan kolaborasi. Dengan kemudahan akses data yang diberikan, kolaborasi untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu bisa dilakukan dengan lebih mudah.
    Misalnya saja, Anda dan rekan kerja menggunakan Google Sheet sebagai platform untuk mengedit dan mengerjakan sebuah dokumen. Dengan layanan cloud computing, rekan kerja Anda bisa melakukan editing dengan platform yang sama di lokasi yang berbeda.
    Tidak hanya itu, perubahan pada dokumen tersebut secara otomatis akan tersimpan dan bisa dilihat secara real time. Dalam hal ini, masing-masing individu nantinya akan mendapatkan versi terkini dari dokumen yang dikerjakan.

Tantangan Menggunakan Cloud Computing

Meskipun sekilas sangat memudahkan pekerjaan, layanan cloud computing memiliki tantangan tersendiri, yaitu:

  • Keharusan selalu terhubung dengan internet
  • Adanya kendala saat downtime
  • Ancaman keamanan data
  • Kesulitan migrasi data

Terlepas dari tantangan yang ada, cloud computing adalah inovasi yang menarik untuk digunakan. Anda bisa mendapatkan layanan cloud computing terbaik yang disediakan Hypernet.

icon