Strengthen Cybersecurity: Tips untuk Membuat Password yang Kuat
Artikel

Strengthen Cybersecurity: Tips untuk Membuat Password yang Kuat

Jangan anggap remeh password! Password yang kuat merupakan pertahanan pertama terhadap peretas di dunia maya. Namun, terkadang banyak pengguna harus mengeset ulang password karena lupa dengan password mereka sebelumnya. Padahal, password yang dilupakan tersebut sudah merupakan password yang kuat.

Nah, gimana sih langkah mudah untuk membuat password simpel yang bisa Anda hapalkan di luar kepala? Yuk, cek beberapa tips di bawah ini!

Ubah kalimat menjadi password

Ahli di bidang keamanan siber Bruce Schneier pada tahun 2008 menyarankan metode mudah untuk membuat password yang gampang diingat sekaligus secure.

Pertama, pilihlah satu kalimat berkesan yang mudah untuk Anda ingat. Anda boleh membuat kalimat sendiri atau mengambil dari quotes film, lirik lagu, peribahasa, dsb.

Kemudian, tetapkan untuk setiap kata, serangkaian karakter untuk membantu Anda mengingatnya. Jangan lupa untuk menambahkan special characters supaya password semakin unik.

Contoh:

Ibu Budi pergi ke pasar membeli jagung dan nano-nano = 1BpkPm7&N2!

Ayah Putri tidak suka makan ikan lele karena amis = 4Pt5m1Lka!

Warna pelangi adalah me ji ku hi bi ni u = WpaM37Kh8nU?

Gunakan software atau layanan pembuat password online

Ketika Anda tidak mempunyai cukup waktu untuk membuat satu password yang kuat,  atau sudah tak ada ide lagi untuk membuat password karena telah melakukannya puluhan kali di bulan ini, saatnya untuk mengandalkan password maker. Pastikan track record dari password maker tersebut baik sehingga Anda merasa aman saat menggunakannya.

Nyalakan multi-factor authentication

Fitur MFA sangat membantu Anda untuk mencegah akun-akun Anda jatuh ke oknum tak bertanggungjawab. MFA mengharuskan pengguna memberikan setidaknya dua bukti untuk membuktikan bahwa yang mengakses benar-benar pengguna asli.

Dua bukti tersebut misalnya bukti pertama memasukkan password. Kemudian, bukti kedua dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan keamanan atau memasukkan token yang dikirimkan ke perangkat pengguna.

Meski tidak sempurna, MFA dan 2FA akan menghentikan sebagian besar percobaan kejahatan siber. Penyerang yang serius membobol akun spesifik mungkin masih akan mencari cara lain untuk mem-bypass keamanan.

Pilih rangkaian kata acak

Peretas selalu mempunyai motif tidak hanya meretas tanpa alasan. Dari sekian banyak motif yang dimiliki, 71% di antaranya bermotivasi finansial. Penjahat siber kebanyakan berniat mengakses rekening bank dan kartu kredit.

Supaya semakin aman, lindungi akun penting seperti akun rekening bank dengan rangkaian kata acak – yang juga sering disebut passphrase. Pengertian passphrase adalah serangkaian kata untuk mengontrol akses ke sistem, aplikasi, atau data, yang lebih panjang daripada password dan memiliki spasi.

Gunakan metode Electrum

Metode Electrum mengelola dompet Bitcoin dan membutuhkan seed 12-kata untuk mengakses alamat Bitcoin Anda. Pendekatan yang sama dapat Anda gunakan untuk menciptakan password yang benar-benar aman untuk akun Anda, yaitu dengan menggunakan kata-kata yang 100% acak. Setelah itu, gunakan password checker untuk mengetes apakah password bikinan Anda dapat menahan serangan brute force.

Gunakan metode PAO

PAO atau Person-Action-Object System merupakan metode populer untuk menghapal yang menyertakan rangkaian angka yang panjang. Anda perlu menetapkan nomor dua digit untuk seseorang, tindakan, atau objek.

Gunakan metode Phonetic Muscle Memory

Caranya: akseslah situs password generator. Kemudian, buatlah 20 password baru yang setidaknya sepanjang 10 karakter, termasuk angka dan huruf kapital (serta tanda baca untuk keamanan lebih). Kemudian, pindai password tersebut untuk menemukan struktur fonetiknya. Pilihlah password yang bisa Anda ucapkan di kepala Anda.

Misalnya: RS4L3GytLZ = Rasa Legit Lezat

Tb4AS7MS1u = Tebas Tujuh Mesiu

citr41HaTI = Citra Satu Hati

Nah, itulah beberapa tips membuat password yang kuat agar tidak mudah dibobol peretas. Jangan sampai lupa password sendiri ya!

Hypernet dapat membantu Anda mengamankan sistem, jaringan, dan data Anda supaya tidak mudah diserang penjahat siber. Hubungi CS untuk informasi selengkapnya.

icon