Manfaat Managed Security Service Provider (MSSP) Mengamankan Data Perbankan
Artikel

Manfaat Managed Security Service Provider (MSSP) Mengamankan Data Perbankan

Mengapa perbankan perlu MSPP

Managed Security Service Provider (MSPP) memberikan ketenangan pikiran kepada lembaga keuangan karena memantau dan memperbarui secara terus-menerus sistem mereka untuk bertahan dari ancaman terbaru. Dengan mengalihkan tanggung jawab ini kepada tim ahli, perbankan dapat fokus pada tujuan bisnis inti mereka sambil tetap mempertahankan tingkat keamanan yang tinggi.

Sudah jelas bahwa keamanan adalah aspek terpenting dalam menjalankan institusi finansial, karena:

  • Lembaga keuangan menangani data nasabah yang sensitif. Jika jatuh ke tangan yang salah, data dapat digunakan untuk pencurian identitas atau penipuan.
  • Lembaga keuangan merupakan target utama serangan siber. Peretas yang dapat memperoleh akses ke sistem perbankan dapat menyebabkan malapetaka yang secara langsung memengaruhi nasabah.
  • Pelanggaran keamanan di lembaga keuangan dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi ekonomi global. Kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan yang menurun dapat memicu krisis keuangan yang besar.
  • Lembaga keuangan diwajibkan regulator untuk memiliki langkah-langkah keamanan yang memadai. Jika gagal dipenuhi, lembaga tersebut bakal menghadapi denda berat dan konsekuensi yang tak diinginkan.
  • Keamanan yang baik akan mendatangkan nasabah yang percaya bahwa informasi pribadi mereka aman dan terlindungi, sehingga membantu dalam membangun dan memertahankan kepercayaan serta loyalitas nasabah.

Bagaimana MSSP mengamankan data perbankan

Meningkatkan kesadaran ancaman dan mengelolanya

MSSP membantu perbankan memberikan intelijen dan peringatan ancaman serangan siber. Data intelijen yang diberikan dapat mencakup detail tentang malware baru atau kelemahan dalam sistem keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh penyerang. MSSP mengumpulkan intelijen ini dari berbagai sumber, termasuk jaringan pakar keamanan mereka sendiri, data yang dikumpulkan dari jaringan pelanggan, dan sumber publik seperti media sosial dan berita.

Kemudian, MSPP juga memberikan pemberitahuan kepada pelanggan saat mereka mendeteksi kemungkinan ancaman. Peringatan ini dapat membantu lembaga perbankan mengambil langkah-langkah untuk melindungi sistem dan data mereka, seperti menambal kerentanan atau menerapkan tindakan keamanan baru.

MSSP juga menyediakan pemantauan jaringan pelanggan selama 24/7 untuk mencari tanda-tanda serangan yang sedang berlangsung. Melakukan kerja sama dengan MSSP membuat lembaga perbankan merasa tenang karena mengetahui bahwa risiko ancaman siber mereka dikelola secara proaktif.

Memberikan tanggapan insiden

Tanggapan insiden membantu meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh insiden keamanan dan meminimalkan risiko terjadinya insiden di masa mendatang. Dengan memiliki rencana dan melatih staf tentang prosedur yang tepat, lembaga perbankan dapat lebih siap menangani segala jenis insiden keamanan yang mungkin terjadi. Rencana respons insiden yang menguraikan langkah-langkah yang perlu diambil ketika terjadi pelanggaran keamanan dapat membantu meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh serangan.

Berikut ini yang akan dilakukan MSSP ketika insiden terjadi:

  • Menilai situasi dan menentukan tingkat kerusakan
  • Memahami data apa yang telah disusupi, bagaimana data diakses, dan sistem apa yang terpengaruh
  • Mengidentifikasi penyebab kejadian
  • Mengidentifikasi siapa yang bertanggung jawab
  • Memulihkan data atau sistem apa pun yang terkena dalam serangan itu
  • Semua informasi dapat digunakan untuk meningkatkan tindakan keamanan di masa mendatang, dan mencegah insiden serupa terjadi lagi

Penilaian dan mitigasi risiko

Lembaga perbankan perlu memiliki pemahaman komprehensif dan terkini tentang lanskap ancaman. Pemahaman ini menjadi dasar bagi strategi manajemen risiko yang efektif, yang harus disesuaikan dengan kebutuhan khusus organisasi.

Untuk mempertahankan pemahaman komprehensif tentang lanskap ancaman, lembaga perbankan harus memiliki akses ke intelijen yang andal dan tepat waktu. Intelijen ini dapat digunakan untuk menginformasikan pengambilan keputusan seputar strategi mitigasi risiko. Selain itu, intelijen dapat membantu organisasi mengidentifikasi potensi kerentanan dan menilai kemungkinan serangan di masa mendatang.

Lembaga keuangan yang ingin melindungi data perbankan secara efektif dapat menggunakan jasa MSSP. Sebab, layanan ini dapat memperkecil bahkan meniadakan biaya langsung terkait pelanggaran data, seperti notifikasi, investigasi, dan pemulihan, serta biaya tak langsung seperti hilangnya bisnis dan rusaknya reputasi.

Percayakan manajemen keamanan data perbankan kepada Hypernet. Hubungi CS kami untuk informasi lebih lanjut.

icon