Melindungi Data Perbankan Anda: Panduan Lengkap Keamanan Digital

Artikel

Melindungi Data Perbankan Anda: Panduan Lengkap Keamanan Digital

Kini, semakin mudah untuk mengelola akun perbankan Anda dari mana saja – bahkan, sembari Anda menonton Netflix atau membalas pesan WhatsApp. Anda juga bisa langsung mentransfer uang, mendepositkan dana, dan membayar tagihan dari aplikasi perbankan Anda.

Di sisi lain, kenyamanan menjalankan aktivitas perbankan berbanding lurus dengan semakin meningkatnya risiko kejahatan digital. Penjahat siber adalah ancaman yang berkembang terutama karena mereka menggunakan metode yang lebih canggih dalam upaya mencuri informasi pribadi secara online. Oleh karena itu, Anda perlu melindungi rekening bank Anda dari penipuan.

Gunakan password unik untuk setiap akun

Anda mungkin sudah paham bahwa password yang kuat itu penting. Namun, satu password untuk semua akun, meskipun sangat kuat, akan menjadi celah peretas untuk mendapatkan informasi perbankan Anda. Jika peretas mengetahui satu password, dia akan semakin mudah mengakses akun-akun lain dengan password yang sama. Akun yang dapat diakses termasuk akun perbankan dengan informasi finansial atau pembayaran sensitif.

Berikut trik agar password yang Anda gunakan untuk berbagai akun berbeda namun tetap mudah diingat:

  • Buat password dasar dan tambahkan beberapa karakter ke dalamnya
  • Gunakan password manager
  • Perbarui password Anda secara rutin
  • Buatlah pertanyaan keamanan yang unik

Manfaatkan two-factor authentication (2FA)

Dua lapisan keamanan tentu lebih baik daripada hanya satu. Maka, gunakan 2FA untuk mencegah akun perbankan Anda diakses oleh orang tak bertanggung jawab. Dengan metode ini, Anda membutuhkan password Anda dan bukti identitas lainnya seperti one-time code yang dikirim ke ponsel Anda untuk masuk ke akun. Dengan demikian, peretas yang mendapatkan kredensial login ke bank akan sulit masuk tanpa verifikasi kedua Anda.

Hati-hati saat menggunakan Wi-Fi Publik

Jika tidak mendesak, jangan gunakan Wi-Fi Publik apa pun alasannya. Jika memang Anda membutuhkan Wi-Fi Publik, gunakan untuk melakukan pekerjaan yang tidak dalam kategori mengakses hal penting. Misalnya, Wi-Fi Publik dapat digunakan untuk membaca postingan blog dan berita terkini. Sebab, saat Anda menggunakan Wi-Fi Publik, koneksi terbuka dapat memungkinkan penjahat siber berpotensi mengambil nama pengguna dan password Anda saat mereka melewati antara Anda dan situs web bank Anda.

Seandainya Anda harus menggunakan Wi-Fi Publik untuk mengakses informasi sensitif, pergunakan Virtual Private Network (VPN) yang bisa mengenkripsi koneksi Anda. VPN membuat online history Anda lebih sulit dilacak dan membantu Anda mencegah pencurian identitas.

Perbarui dan tambal (patch) software Anda secara rutin

Perangkat yang tidak meng-install pembaruan lebih berpotensi diretas karena peretas mencari celah keamanan dalam sistem terdahulu. Selain memperbarui software, ingatlah untuk memasang patch secara teratur. Atur settings untuk melakukan pemberitahuan secara otomatis jika ada updates atau patches tersedia.

Updates & patches merupakan metode yang efektif untuk melindungi data perbankan Anda dari penipuan dengan memastikan perangkat Anda terlindungi sebaik mungkin. Hal ini juga membantu melindungi dari phishing – penipuan lewat email yang umum dilakukan peretas dengan cara berpura-pura sebagai perusahaan yang dapat dipercaya. Software yang mutakhir dapat melindungi Anda dari software berbahaya yang Anda unduh secara tidak sengaja karena phishing.

Pasang ad blockers

Malvertising adalah teknik yang dilakukan penjahat siber – membuat ads yang terinfeksi dengan kode berbahaya. Teknik scam ini dapat membuat akun perbankan Anda terekspos.

Malvertising bekerja ketika Anda mengklik penawaran iklan tentang aplikasi gratis. Sekali Anda mengklik iklan yang terinfeksi, Anda kemungkinan akan mengunduh malware ke perangkat Anda. Software tersebut berpotensi mencuri informasi identitas Anda. Dalam beberapa kasus, memuat situs web dengan corrupted ad sudah cukup untuk men-trigger serangan.

Cara termudah untuk menghindari malvertising dan memproteksi akun perbankan Anda dari peretas adalah dengan memasang ad blockers. Banyak ad-blocking tools yang gratis dan mudah diunduh. Dengan memblokir iklan, kemungkinan Anda berinteraksi dengan infected ad hilang.

Manfaatkan fitur dan alat yang disediakan oleh bank Anda

Pelajari langkah-langkah keamanan yang telah dilakukan bank Anda. Maksimalkan fitur keamanan agar lebih mudah menjaga keamanan informasi sensitif Anda.

Beberapa bank mengizinkan nasabah untuk menggunakan login sidik jari untuk mengakses akun mereka dengan aman di smartphone Anda. Login sidik jari – yang termasuk dalam metode login Biometrik – dapat membantu melindungi data perbankan dari peretas karena sidik jari tidak dapat dicuri seperti password dalam bentuk teks.

Anda juga dapat memasang notifikasi untuk rekening bank Anda. Misalnya, aplikasi akan mengirimkan peringatan kepada pengguna jika uang ditarik berlebihan atau ketika ada pembaruan profil.

Demikianlah panduan lengkap untuk keamanan digital data perbankan Anda. Terapkan untuk mencegah dan meminimalkan risiko peretasan oleh hackers.

Solusi keamanan siber? Hubungi Hypernet.

icon