Mengenal Endpoint Protection Dan Kategorinya
Artikel

Mengenal Endpoint Protection Dan Kategorinya

Transisi operasional perusahaan dari Wfo ke remote dan hybrid working membuat infrastruktur IT juga ikut bertansformasi. Endpoints perusahaan pun bergeser dari di dalam gedung perusahaan ke jaringan enterprise di luar gedung. Endpoints merupakan garda depan pertahanan perusahaan melawan serangan siber sehingga memerlukan solusi keamanan yang mumpuni. Solusi keamanan tersebut tergantung pada skala dan kebutuhan perusahaan.

Cara Kerja Endpoint Protection

Endpoint Protection bekerja melalui kombinasi pertahanan tingkat jaringan dan perangkat. Pada tingkat jaringan, organisasi dapat membatasi akses ke jaringan perusahaan berdasarkan kepatuhan perangkat terhadap kebijakan keamanan perusahaan dan hak istimewa yang paling rendah. Dengan memblokir perangkat yang tidak aman mengakses jaringan perusahaan dan sumber daya sensitif, perusahaan membatasi permukaan serangannya dan menerapkan kebijakan keamanannya.

Perusahaan juga dapat menginstal perangkat lunak secara langsung pada endpoint untuk memantau dan melindunginya. Hal ini mencakup solusi mandiri dan solusi yang menggunakan agen yang diinstal pada perangkat agar dapat dipantau, dikontrol, dan dilindungi secara terpusat. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memantau dan melindungi perangkat yang mungkin tidak selalu terhubung langsung ke jaringan perusahaan.

Jenis-Jenis Endpoint Protection

Perusahaan modern memiliki banyak jenis endpoints berbeda yang rentan terkena serangan siber. Solusi Endpoint Protection datang dalam beberapa bentuk yang akan dibahas setelah ini. Yang jelas, pilihan yang tepat mengenai solusi Endpoint Protection tergantung pada endpoints yang hendak dilindungi dan kebutuhan perusahaan yang unik.

Fitur/Komponen Endpoint Protection Esensial

  • Anti-Malware
  • Behavioural Analytics
  • Compliance
  • Data Encryption
  • Sandbox Inspection
  • Secure Remote Access
  • URL Filtering

Endpoint Detection And Response (EDR)

EDR merupakan pendekatan terintegrasi dan berlapis kepada Endpoint Protection yang mengkombinasikan pemantauan berkelanjutan secara real-time dan analisis data endpoints dengan respons otomatis berbasis aturan.

Keamanan EDR memberikan beberapa fitur yang meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mengelola risiko keamanan siber:

  • Meningkatkan visibilitas terhadap endpoints jaringan dari satu konsol
  • Mempercepat investigasi terhadap potensi insiden keamanan dan lebih cepat mengambil langkah untuk meremediasinya (memulihkannya)
  • Melakukan otomatisasi  remediasi berdasarkan aturan yang telah ditentukan, seperti memblokir atau dengan cepat memulihkan insiden tertentu dan mengurangi beban analis keamanan
  • Memburu ancaman yang dikontekstualisasikan dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data secara berkelanjutan sehingga mengetahui status endpoints, yang memungkinkan pemburu ancaman untuk mengidentifikasi dan menyelidiki potensi tanda-tanda infeksi yang ada

Komponen kunci pada Solusi EDR adalah Incident Triaging Flow, Threat Hunting, dan Data Aggregation and Enrichment.

Endpoint Protection Platform (EPP)

Solusi EPP, yang bertindak sebagai garis pertahanan preventif pertama terhadap ancaman siber hingga endpoints, mengidentifikasi malware berbasis file dan tanpa file, skrip berbahaya, dan malware yang hanya beroperasi di memori, dan memblokir ancaman tersebut agar tidak dijalankan pada sistem.

Ketika malware menjadi lebih canggih dan tersebar luas, kemampuan investigasi dan remediasi ancaman yang disediakan oleh EPP sangat penting untuk keamanan siber perusahaan. Tim keamanan memerlukan solusi yang memblokir banyak ancaman yang dihadapi endpoints mereka dan menyediakan alat untuk secara efektif memulihkan setiap intrusi yang berhasil.

Komponen Inti pada Fitur EPP adalah Prevention of All Emerging Threats, Endpoint Detection and Response (EDR), Integrations, dan Protection Wherever Data Resides.

Mobile Threat Defense (MTD)

MTD menjadi populer karena belakangan banyak perusahaan memperbolehkan karyawannya untuk menggunakan perangkat pribadi untuk bekerja, disebut dengan “Bring Your Own Device” (BYOD). Kebijakan BYOD ini diterapkan untuk menghemat pengeluaran dan meningkatkan produktivitas.

Pertahanan ancaman seluler (MTD) adalah perlindungan dinamis dan canggih terhadap ancaman siber yang ditargetkan pada perangkat seluler. Dengan MTD, perlindungan diterapkan pada perangkat, jaringan, dan aplikasi.

Manfaat utama mengimplementasikan solusi MTD:

  • Perusahaan lebih yakin dan percaya diri dalam menerapkan kebijakan BYOD
  • Respons yang lebih cepat terhadap ancaman
  • Visibilitas yang lebih baik
  • Kepatuhan terhadap peraturan

Advanced Threat Protection (ATP)

Solusi ATP dirancang untuk meminimalkan risiko serangan siber terhadap endpoints perusahaan dengan mencegah serangan sebelum terjadi. Untuk mencapai tujuan pencegahan ancaman dan pengurangan risiko, solusi ATP memerlukan kemampuan inti tertentu, termasuk:

  • Visibilitas Real-time yang memungkinkan solusi ATP dengan cepat mendeteksi indikasi potensi serangan siber dan menghentikannya sebelum dimulai
  • Kesadaran Kontekstual untuk memastikan bahwa tim keamanan mendapat informasi dan mampu merespons ancaman sebenarnya terhadap perusahaan secara tepat waktu
  • Pemahaman Data untuk mengidentifikasi serangan yang menargetkan data tersebut dan merespons dengan tepat

Perkuat keamanan jaringan IT perusahaan Anda dengan menggunakan Endpoint Protection yang tepat. Konsultasikan solusi Endpoint Protection terbaik dengan Hypernet. Hubungi CS sekarang untuk mendapatkan penawaran terbaik dan terlengkap.

icon