Mengenal Fitur-Fitur Penting Dalam Perlindungan Endpoint
Artikel

Mengenal Fitur-Fitur Penting Dalam Perlindungan Endpoint

Solusi perlindungan Endpoint merupakan garis depan pertahanan terhadap ancaman siber perusahaan. Padahal, bisnis Anda mengelola data-data penting dan sensitif yang perlu diproteksi. Jika tidak, data tersebut jadi sasaran empuk peretas dan penjahat siber untuk disalahgunakan. Ancaman siber selalu berevolusi sehingga perusahaan Anda juga harus mengadakan evolusi strategi keamanan untuk mengatasinya.

Meskipun demikian, banyak sekali solusi keamanan di pasaran yang dapat membingungkan Anda. Setiap solusi keamanan menawarkan fitur utama dan kapabilitas berbeda sehingga Anda harus memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

5 Fitur Utama Solusi Perlindungan Endpoint

Proteksi Ancaman

Hal terpenting dari Solusi perlindungan Endpoint tentu saja adalah kemampuan memproteksi perusahaan dari ancaman-ancaman. Serangan dapat datang dari banyak vektor sehingga keamanan Anda harus dapat mendeteksi dan merespons berbagai ancaman dari kelas dan tipe yang berbeda. Email, phishing, unduhan web, dan software exploits merupakan salah satu dari ancaman yang harus dapat diatasi oleh solusi perlindungan Endpoint.

Kontrol Perangkat Dan Aplikasi

Tim keamanan harus mampu mempertahankan kendali atas perangkat dan aplikasi di perusahaan. Jika tidak, karyawan Anda mungkin (secara tidak sengaja atau tidak) menonaktifkan protokol atau kebijakan keamanan penting, atau menonaktifkan aplikasi yang perlu diaktifkan oleh tim keamanan. Kurangi kemungkinan IT bayangan dan perangkat yang tidak terlindungi dengan memilih solusi keamanan Endpoint yang memungkinkan Anda melihat dan mengelola perangkat dari mana saja.

Perlindungan Kehilangan Data

Salah satu skenario terburuk serangan siber terhadap perusahaan adalah apabila serangan tersebut mendapatkan akses sistem dengan menghapus data penting di lokasi. Solusi Endpoint memastikan tidak ada pelanggaran yang terjadi dalam bisnis Anda, termasuk kehilangan data yang disengaja atau tidak disengaja. Alat Anda dapat menandai Anda setiap kali data dikirim ke luar lokasi dan mencegahnya terjadi kecuali tim Anda secara khusus menyetujuinya.

Peringatan Dan Pelaporan Cerdas

Solusi Endpoint apa pun akan memberi tahu Anda tentang peristiwa keamanan dan potensi pelanggaran yang terjadi. Namun, jika solusi keamanan Endpoint tersebut tidak memberikan informasi yang tepat, yang dibutuhkan oleh tim IT Anda untuk melawan ancaman tersebut, peringatan tersebut pada dasarnya tidak berguna. Alat keamanan Endpoint terbaik menampilkan sistem peringatan dan pelaporan cerdas yang memberikan informasi kontekstual tentang peristiwa dan peringatan, sehingga perusahaan mengetahuinya.

Deteksi Dan Remediasi Otomatis

Solusi deteksi dan respons Endpoint dilengkapi untuk membantu tim keamanan dalam menghilangkan ancaman, tidak hanya memperingatkan Anda tentang ancaman tersebut. Alat-alat ini terus-menerus mencari peristiwa dan tindakan yang mengindikasikan potensi ancaman keamanan, kemudian memperingatkan tim Anda tentang masalah tersebut bersama dengan data yang dikumpulkan. Alat Endpoint Anda juga harus dapat menerapkan taktik remediasi otomatis terhadap ancaman tingkat rendah yang tidak memerlukan intervensi manual, sehingga membebaskan tim keamanan Anda untuk menangani masalah yang lebih rumit.

Hubungi Hypernet untuk informasi lebih lanjut mengenai pemasangan solusi keamanan Endpoint untuk jaringan Anda.

icon