Penilaian Risiko Keamanan Apa Saja Yang Bisa Kita Ketahui dari Security Scorecard
Artikel

Penilaian Risiko Keamanan Apa Saja Yang Bisa Kita Ketahui dari Security Scorecard

Salah satu dari sekian banyak tools yang digunakan untuk melakukan assessment terhadap keamanan IT perusahaan adalah Security Scorecard. Regional Director Security Scorecard untuk kawasan Asia Pasifik, Royston Chng, mengatakan bahwa platform ini bekerja dengan menangkap sinyal-sinyal eksternal. Karena hanya menangkap sinyal, tidak ada tools yang perlu dipasang di jaringan internal perusahaan. Jika diibaratkan, Security Scorecard melihat keamanan dari sebuah jaringan/domain dari sudut pandang peretas.

Berikut ini penilaian risiko keamanan oleh Security Scorecard

Kuantifikasi Risiko Cyber

Untuk mengelola risiko bisnis, penanggung jawab operasi risiko perlu mengetahui kemungkinan, frekuensi, dan besarnya risiko serta membuat rencana tindakan untuk mengurangi paparan.

Security Scorecard dapat menginformasikan postur keamanan dan mendapatkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti mengenai profil risiko unik perusahaan Anda. Hasilnya adalah penilaian risiko cyber perusahaan Anda melalui kacamata finansial.

Manajemen Attack Surface eksternal

Security Scoreboard dirancang untuk menjembatani kemampuan keamanan cyber eksternal dengan SOC Anda. Anda juga dapat melihat riwayat lengkap kinerja keamanan Anda dan membandingkan perusahaan Anda dengan perusahaan lain yang serupa.

Lebih lanjut, Security Scoreboard memantau permukaan serangan untuk mengetahui adanya risiko baru. Bahkan, peringatan terhadap risiko baru muncul secara instan. Terakhir, perusahaan juga bisa mengakses data terperinci tentang permukaan serangan termasuk domain, IP, dan attribution logs.

Manajemen risiko cyber pihak ketiga

Menurut Security Scoreboard, 98% perusahaan terkoneksi dengan setidaknya satu vendor yang mengalami pelanggaran data dalam 2 tahun terakhir. Ketika serangan global terus meluas, tim keamanan dan manajemen risiko vendor memerlukan visibilitas penuh ke seluruh supply chain mereka. Dengan Security Scoreboard, Anda dapat memanfaatkan kekuatan peringkat keamanan paling terpercaya dan akurat di dunia ini untuk mengidentifikasi risiko.

Deteksi vendor otomatis

Sebagai tindak lanjut dari penilaian risiko keamanan cyber pihak ketiga, Security Scoreboard juga dilengkapi pendeteksi vendor otomatis. Deteksi Vendor Otomatis memanfaatkan kekuatan AI untuk mengidentifikasi vendor yang sebelumnya tidak dikenal di dalam dan di seluruh ekosistem Anda sehingga Anda dapat melihat risiko dan mengambil tindakan.

Intelijen risiko suppy chain

Security Scorecard memanfaatkan pandangan supply chain terpadu dan menindaklanjutinya tanpa memerlukan analisis ancaman mendalam. Anda mendapatkan data kuat dari intelijen risiko sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat terhadap ancaman.

Kemudian, Anda juga bisa membagikan temuan untuk ditindaklanjuti dengan vendor dan segera mengambil tindakan untuk mengurangi paparan Anda. Intelijen risiko ini memanfaatkan penentuan prioritas kerentanan yang kuat dan terpercaya dalam supply chain, sehingga dapat memperluas prioritas kerentanan ke vendor.

Kuesioner keamanan

Kuesioner keamanan adalah tools yang digunakan untuk menilai postur keamanan suatu perusahaan atau vendor. Security Scorecard meningkatkan proses pertukaran kuesioner keamanan cyber untuk komunikasi yang lancar antara pengirim dan penerima. Pertukaran kuesioner yang lancar mengurangi waktu yang dihabiskan sebanyak 83%. Setelah kuesioner dikembalikan, wawasan yang ada dapat diubah menjadi tindakan melalui integrasi dan pembaruan status. Kuesioner ini juga dapat menunjukkan kebersihan cyber yang kuat dari perusahaan Anda.

Intelijen Attack Surface

Intelijen Attack Surface dari Security Scorecard dapat merutekan 3,9 miliar alamat IP yang dipindai setiap 10 hari di lebih dari 1500 port secara global menjadi dasar indeks pencarian platform. Platform ini juga menyediakan identifikasi pelaku ancaman yang mungkin berdampak pada bisnis Anda.

Intelijen Kerentanan

Security Scorecard dapat meningkatkan prioritas kerentanan dengan konteks, skor risiko, dan produk yang tak tertandingi. Disertai gambaran lengkap tentang kerentanan yang muncul, serta analisis permukaan serangan yang disesuaikan dengan perusahaan Anda.

Dengan menggabungkan dan menganalisis semua fitur ini, Security Scorecard memberikan pandangan komprehensif mengenai postur risiko keamanan perusahaan, menyoroti area kekuatan dan kelemahan, serta memandu prioritas upaya dan investasi keamanan.

icon