Trend Digital Tahun 2023
Artikel

Trend Digital Tahun 2023

Di awal tahun ini, salah satu resolusi yang harus Anda bikin dan lakukan adalah tetap up-to-date dengan trend digital terbaru 2023. Dengan mengetahui trend, Anda dapat mempersiapkan diri untuk mempelajari skills yang diperlukan supaya Anda tetap secure tidak tergerus persaingan zaman.

Daftar teknologi yang diramalkan akan mendominasi banyak sektor kehidupan di tahun 2023:

Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning

Artificial Intelligence (AI) alias Kecerdasan Buatan sudah menjadi pembicaraan banyak orang di dekade belakangan ini. AI merupakan serangkaian komputer yang melakukan tugas dan membuat keputusan yang biasanya dilakukan oleh manusia. Dewasa ini, penggunaan AI terus berkembang merambah ke setiap aspek kehidupan kita – tidak terkecuali di tempat kerja.

Bagaimana pun juga, AI sudah terbukti superioritasnya di bidang pengenalan gambar & ucapan, aplikasi navigasi, asisten pribadi smartphone, aplikasi ride-sharing, dsb. Ke depannya, AI akan terus memengaruhi alur kerja dan pengambilan keputusan di banyak sektor pekerjaan. Kemajuan AI membuat manusia perlu menambah keterampilannya agar tetap relevan di dunia kerja.

Machine Learning juga kini telah digunakan di semua jenis industri yang membutuhkan tenaga profesional yang terampil. Forrester Research memperkirakan bahwa AI, Machine Learning, dan otomatisasi akan menciptakan 9% lapangan pekerjaan baru di Amerika Serikat pada tahun 2023. Jenis-jenis pekerjaan baru tersebut di antaranya profesional pemantauan robot, ilmuwan data, spesialis otomatisasi, dan kurator konten.

Koneksi 5G

Penetrasi koneksi seluler 5G akan meningkat di tahun 2023. Tahun-tahun sebelumnya, layanan 5G di Indonesia masih sangat terbatas. Cakupannya belum luas sehingga belum bisa digunakan secara ideal.

Menurut Herry SW, pengamat teknologi dan gadget dari situs Ponselmu.com, potensi 5G baru akan terbuka ketika pemerintah membebaskan frekuensi 700MHz. Frekuensi tersebut sebelumnya dipakai untuk layanan TV analog. Analog Switch-off (ASO) telah dilakukan pemerintah pada 2 November 2022.

“Mungkin optimalnya tahun 2025, tetapi seharusnya layanan 5G di 2023 nanti lebih baik dari sekarang,” kata Herry kepada KompasTekno.

Perubahan koneksi 5G memang tidak segera terlihat bagi konsumen dan pekerja kantoran. Akan tetapi, koneksi lebih cepat dan latensi lebih rendah akan meningkatkan produktivitas sektor manufaktur, sektor yang memanfaatkan otomatisasi tingkat lanjut, dan sektor lain yang membutuhkan internet berkecepatan tinggi.

Datafication

Pengertian datafikasi adalah proses mengubah segala sesuai dalam hidup kita menjadi perangkat (device) atau perangkat lunak (software) yang didukung oleh data. Permintaan untuk menyimpan data dengan cara yang benar dan aman secara tidak langsung juga meningkat akibat proses datafikasi ini.

Selain itu, datafikasi juga membuka lapangan pekerjaan profesional IT, ilmuwan data, teknisi, insinyur, manajer, dsb. Skill tentang datafikasi akan dibutuhkan untuk pos-pos Data Scientist, Business Intelligence Analyst, Big Data Engineer, Robotics Engineer, dan IT Architect.

Digital Trust

Dengan semakin banyaknya teknologi digital yang digunakan masyarakat, semakin meningkat pula Kepercayaan Digital. Untuk menciptakan ruang yang lebih aman bagi pengguna digital, keamanan siber dan peretasan etis merupakan dua ranah pekerjaan yang akan nge-tren di tahun 2023. Jika Kepercayaan Digital telah berhasil dibangun, pengguna akan menciptakan karya dengan lebih banyak inovasi dan dapat diandalkan.

Cyber Security

Keamanan Siber sudah ada sejak lama tetapi terus berkembang seperti halnya teknologi. Di tahun 2023 ini, kesadaran pengguna tentang Keamanan Siber akan terus meningkat mengingat ancaman keamanan selalu ada dan terus berinovasi. Sebab, teknologi baru diadaptasi untuk meningkatkan keamanan. Selama ada hackers, Keamanan Siber akan tetap menjadi teknologi yang sedang tren.

Menurut Gartner, pada tahun 2025, 60% perusahaan mempertimbangkan Keamanan Siber sebagai penentu utama melakukan transaksi pihak ketiga dan keterlibatan bisnis. Tak bisa dimungkiri, karir yang bersinggungan dengan Keamanan Siber seperti Malware Analyst, Ethical Hacker, Security Engineer, dan Chief Security Officer akan menawarkan pendapatan yang menguntungkan di tahun 2023.

Nah, itulah 5 tren digital yang diramalkan akan marak di tahun 2023. Sudahkah Anda mempersiapkan diri menghadapi tantangan digital tahun ini?

icon