Aruba UXI: Solusi untuk Lingkungan Kerja yang Lebih Produktif
Artikel

Aruba UXI: Solusi untuk Lingkungan Kerja yang Lebih Produktif

Permintaan akan konektivitas tanpa batas, kolaborasi efisien, dan pengalaman pengguna yang optimal menjadi hal yang sangat penting dalam lanskap tempat kerja modern. Namun faktanya, banyak perusahaan meremehkan User Experience (UX). Padahal, UX yang bagus dapat meningkatkan produktivitas dan menurunkan tingkat pergantian karyawan (turnover rates).

Sebagai contoh, UX yang di bawah standar dapat membuat karyawan terlambat memulai rapat online karena ketidakstabilan jaringan. Ini membuat tugas-tugas mereka mengalami penundaan serta menyebabkan tim IT menghabiskan lebih banyak waktu melakukan troubleshooting. Tim IT jadi berkurang waktunya untuk fokus ke proyek strategis perusahaan.

Alasan mengapa Aruba UXI dapat meningkatkan produktivitas lingkungan kerja

Mendorong Tindakan Proaktif

Aruba Networking User Experience Insight (Aruba UXI) dirancang untuk memberikan wawasan berharga kepada perusahaan mengenai kinerja jaringan. Tindakan proaktif tersebut dapat mengatasi potensi masalah sebelum berdampak pada UX. Pendekatan proaktif ini menjadi landasan dalam meningkatkan produktivitas di tempat kerja, karena meminimalkan downtime dan memastikan koneksi jaringan yang konsisten dan andal.

Salah satu aspek utama dampak Aruba UXI terhadap produktivitas terletak pada kemampuannya memberikan visibilitas real-time terhadap kinerja jaringan. Solusi Aruba UXI memungkinkan tim TI memantau pengalaman pengguna di berbagai aplikasi dan perangkat. Visibilitas terperinci ini memberdayakan organisasi untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dengan cepat, menciptakan lingkungan di mana karyawan dapat fokus pada tugas mereka tanpa gangguan yang disebabkan oleh masalah terkait jaringan.

Dapat diimplementasikan di Berbagai Jenis Industri

Kemampuan beradaptasi Aruba UXI terhadap beragam industri merupakan bukti keserbagunaannya dalam meningkatkan produktivitas. Berikut ini tujuh industri yang cocok menggunakan Aruba UXI, sebagaimana dijelaskan oleh Turn-Key Technologies:

Universitas

Institusi pendidikan tinggi perlu memiliki jaringan nirkabel optimal dengan bandwidth yang memadai. Sebab, banyak perangkat yang terhubung seperti laptop, LCD proyektor, dan alat peraga. Jika UX tidak bisa memenuhi permintaan ini, kegiatan belajar mengajar akan terkendala terutama pada kelas full online.

Di sisi lain, memastikan konektivitas yang andal tidak semudah yang dikira, apalagi jika Anda tidak memantau pengalaman pengguna. Untungnya, Aruba UXI mempunyai sensor yang dapat menjalankan lebih dari 30 ribu pengujian setiap hari. Hasilnya, Anda dapat menyelesaikan masalah dengan lebih cepat dan bahkan mencegah masalah bertambah parah, sehingga memastikan kelancaran operasional bagi mahasiswa dan dosen di seluruh kampus.

Sekolah

Sama seperti institusi pendidikan tinggi, sekolah juga memerlukan jaringan yang dapat diandalkan. Aruba UXI merupakan solusi canggih yang dapat mengukur kapasitas dan kinerja jaringan, serta memfasilitasi kelancaran implementasi inisiatif pembelajaran digital 1:1. Beberapa kegiatan yang dapat dibantu oleh Aruba UXI adalah merencanakan pembelajaran, menggunakan solusi teknologi pendidikan, serta absensi siswa.

Kesehatan

Konektivitas yang andal dan kuat penting sekali di bidang kesehatan. Tanpa akses ke jaringan berkinerja tinggi, tim rumah sakit tidak dapat memberikan perawatan layak bagi pasien. Komunikasi tidak lancar akan mengganggu aktivitas, mulai dari mengakses catatan pasien sampai operasional teknologi medis.

Aruba UXI dapat melakukan pengujian, mendeteksi insiden, dan memastikan aplikasi web aktif dan berjalan. Sistemnya otomatis mengirimkan peringatan setiap kali ada masalah. Anda pundapat memberikan perawatan berkualitas kepada pasien sepanjang waktu.

Perhotelan

Industri perhotelan yang sukses mampu memberikan pelayanan terbaik bagi pengunjung, termasuk ekspektasi mereka terhadap kualitas Wi-Fi tanpa cela. Wi-Fi digunakan pengunjung untuk memeriksa email, berkomunikasi dengan keluarga atau kantor, streaming acara, dan bahkan mengadakan rapat kerja virtual. Demi kesuksesan bisnis Anda, Aruba UXI membantu Anda mencapai pengalaman tanpa hambatan.

Tempat umum

Keandalan jangkauan jaringan di tempat umum yang besar diuji ketika digunakan untuk registrasi online, komunikasi staf, manajemen kerumunan, dan pembuatan tiket. Koneksi juga harus selalu andal untuk solusi keamanan seperti CCTV. Wi-Fi publik terhubung dengan ratusan pengguna sehingga juga harus dipikirkan keamanan dan kelancaran jaringannya.
Sensor Aruba UXI dapat menguji kinerja Wi-Fi dan Ethernet Anda serta memantau konektivitas, bandwidth, packet loss, dan sebagainya. Laporan pantauannya dapat digunakan untuk lebih memahami jaringan Anda, mengambil tindakan ketika terjadi kegagalan, dan pada akhirnya memberikan pengalaman berkesan bagi pengguna.

Perusahaan

Perusahaan perlu mendukung banyak perangkat, dari perangkat kantor, perangkat IoT, hingga perangkat pribadi pegawai yang dibawa ke tempat kerja. Artinya, konektivitas yang konsisten dan cepat haruslah menjadi suatu keharusan. Selain itu, kini banyak pekerja di rumah (work from home) sehingga menambah kompleksitas pemantauan jaringan.

Fitur deteksi insiden Aruba UXI dapat mendeteksi dan memperingatkan tim TI Anda jika aplikasi atau jaringan Anda mengalami masalah, memungkinkan Anda mengambil tindakan dengan cepat. Terkadang, bahkan sebelum end-user menyadari ada yang tidak beres. Pada akhirnya, mengurangi jumlah panggilan pusat bantuan ke tim Anda.

Selain itu, Aruba UXI dapat memberikan wawasan tentang situs jarak jauh, memungkinkan Anda memantau konektivitas jaringan, aksesibilitas aplikasi, dan banyak lagi di kantor cabang, bahkan jika Anda tidak memiliki personel IT di lokasi.

Mengoptimalkan Kesan Positif Pengalaman Pengguna

Kemitraan SwitchShop dengan Aruba menekankan pentingnya sensor Aruba UXI dalam memberikan pengalaman pengguna yang tak tertandingi. Sensor-sensor ini memainkan peran penting dalam mengumpulkan data mengenai kinerja jaringan, penggunaan aplikasi, dan konektivitas perangkat. Data yang dikumpulkan oleh sensor-sensor ini kemudian dianalisis untuk memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti, sehingga memungkinkan organisasi mengambil keputusan yang berdampak langsung pada produktivitas.

Mengatasi Masalah Spesifik

Helios Informatika Nusantara, penyedia Aruba User Experience Insight di Indonesia, menyoroti manfaat nyata dari sensor UXI. Dengan menempatkan sensor-sensor ini secara strategis di tempat kerja, organisasi mendapatkan pandangan menyeluruh tentang pengalaman pengguna, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan memastikan kinerja optimal. Kemampuan untuk menentukan dan mengatasi masalah spesifik dalam infrastruktur jaringan berkontribusi pada lingkungan kerja yang lebih efisien dan produktif.

Dampak Aruba UXI terhadap produktivitas tempat kerja melampaui bidang teknis. Penekanan solusi pada pengalaman pengguna sejalan dengan ekspektasi yang terus berkembang dari tenaga kerja modern. Seperti yang disoroti oleh Turn-Key Technologies, Aruba UXI berfokus pada metrik yang berpusat pada pengguna (user-centric metric), seperti waktu respons aplikasi dan kinerja perangkat. Dengan memprioritaskan pengalaman pengguna akhir, organisasi dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih menarik dan memuaskan, yang pada akhirnya meningkatkan semangat kerja dan produktivitas.

Ingin perusahaan Anda juga mengimplementasikan Aruba UXI? Hubungi Hypernet di nomor CS tertera.

icon