Tolak Ukur Nilai Keamanan IT Yang Optimal Untuk Perusahaan di Indonesia
Artikel

Tolak Ukur Nilai Keamanan IT Yang Optimal Untuk Perusahaan di Indonesia

Dalam keamanan cyber, tolok ukur (benchmarking) sangat penting bagi organisasi untuk menetapkan sasaran kinerja berdasarkan wawasan industri. Namun, praktik benchmarking tidak selalu sejalan dengan perkembangan ancaman, khususnya di Indonesia.

Masih ingatkah Anda dengan beberapa kasus cyber crime viral di Indonesia yang melibatkan berbagai pihak, mulai dari perusahaan swasta hingga pemerintah? Salah satu yang terbaru dan terbesar di Indonesia adalah serangan Ransomware 1,5 Terabyte data BSI oleh grup Lockbit tahun 2023 silam.

Saat ini, salah satu prioritas perusahaan adalah melindungi aset penting dari ancaman digital. Petinggi perusahaan semakin menyadari peningkatan risiko dan pelanggaran yang tak terhindarkan meskipun pertahanan cybersecurity sudah diperkuat.

IT Security Score memberikan nilai yang objektif, dapat diverifikasi, dan dapat ditindaklanjuti untuk menghadapi tantangan keamanan cyber modern.

IT Benchmarking menawarkan banyak manfaat, seperti:

  • Mengidentifikasi area masalah tertentu untuk menghilangkan dugaan
  • Memvalidasi asumsi “firasat” sehingga meningkatkan kepercayaan diri
  • Membantu memprioritaskan peluang perbaikan secara efektif
  • Mengalihkan fokus dari “input” ke “output” dengan menekankan pada hasil akhir yang terukur
  • Menjadi “kartu rapor” dasar yang sangat baik untuk menilai kinerja
  • Memfasilitasi peningkatan ekspektasi kinerja dan menetapkan standar yang lebih tinggi
  • Menumbuhkan daya saing dan dorongan tulus untuk perbaikan
  • Mendorong bekerja lebih cerdas, bukan hanya lebih keras, dengan memanfaatkan wawasan untuk peningkatan strategis.

Kerangka kerja yang direkomendasikan untuk memulai proses benchmarking keamanan cyber perusahaan:

Menganalisis Snapshot Peringkat Keamanan

Mulailah dengan mengukur kinerja keamanan cyber organisasi Anda melalui Snapshot (cuplikan) Peringkat Keamanan. Cuplikan ini memberikan gambaran komprehensif tentang postur keamanan Anda, memungkinkan Anda mengidentifikasi kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan. Prioritaskan investasi berdasarkan pengamanan aset bisnis strategis, karena dampak pelanggaran keamanan akan paling parah.

Memahami Metodologi Pemeringkatan Keamanan

Biasakan diri Anda dengan metodologi di balik pemeringkatan keamanan untuk memanfaatkannya secara efektif dalam pengambilan keputusan. Berinvestasi dalam program yang fleksibel dan dinamis yang mendorong inovasi berkelanjutan dan strategi pertahanan proaktif, memastikan ketahanan terhadap potensi ancaman dunia maya.

Membandingkan Keamanan IT Perusahaan dengan Pesaing

Lakukan analisis perbandingan kinerja keamanan Anda terhadap pesaing, rekan industri, atau perusahaan terbaik di kelasnya. Anda juga dapat melakukan benchmark terhadap unit bisnis internal atau kantor cabang. Pilih ukuran sampel 5-10 organisasi eksternal untuk perbandingan yang bermakna. Penilaian ini memberikan wawasan berharga mengenai posisi relatif Anda dalam industri dan menyoroti bidang-bidang yang memerlukan perbaikan.

Aksi yang harus dilakukan setelah memahami tolok ukur nilai keamanan IT

Evaluasi efektivitas tools dan strategi keamanan cyber yang ada untuk menentukan efektivitasnya. Alihkan sumber daya ke inisiatif yang mengatasi kerentanan yang teridentifikasi dan tingkatkan postur keamanan secara keseluruhan.

Pastikan bahwa Chief Information Security Officers (CISO) yang Anda tunjuk mempunyai peran penting dalam pengambilan keputusan strategis, mengadvokasi pendekatan top-down terhadap keamanan cyber untuk menjaga nilai perusahaan.

Saat ini, tolok ukur keamanan cyber sangatlah penting, bukan hanya sebuah pilihan. Dengan mengikuti frameworks ini, perusahaan dapat secara sistematis menilai postur keamanan cyber mereka, membandingkan kinerja mereka dengan standar industri, dan mengembangkan strategi yang dapat ditindaklanjuti untuk memitigasi risiko dan meningkatkan ketahanan dalam menghadapi ancaman cyber.

Tidak ada alasan untuk tidak mengutamakan keamanan cyber perusahaan Anda. Hubungi Hypernet yang siap membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia mencapai nilai keamanan IT yang optimal.

icon