Bisakah Kita Mengoptimalkan Nilai Keamanan Sistem Perusahaan Tanpa Bantuan Tenaga Ahli?
Artikel

Bisakah Kita Mengoptimalkan Nilai Keamanan Sistem Perusahaan Tanpa Bantuan Tenaga Ahli?

Nilai keamanan yang baik menunjukkan seberapa baik perusahaan melindungi aset digital dan data sensitifnya. Mengoptimalkan Nilai Keamanan Sistem perusahaan tanpa bantuan tenaga ahli merupakan suatu hal yang menantang, namun, bukanlah suatu hal yang tidak mungkin.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

Ketahui aset digital Anda

Langkah pertama, lakukan evaluasi dan pemetaan aset digital menyeluruh. Proses ini akan mengidentifikasi data sensitif, aplikasi, dan sistem untuk membangun fondasi yang kuat untuk menjaga keamanan.

Terapkan aturan keamanan yang jelas

Pastikan peraturan ini mencakup hal-hal seperti manajemen password yang kuat, manajemen akses aplikasi berdasarkan peran, dan aturan penggunaan perangkat pribadi dengan aman. Mengikuti aturan ini membantu meningkatkan nilai keamanan sistem perusahaan.

Selalu perbarui software

Banyak serangan cyber terjadi karena software yang telah usang. Pastikan semua sistem dan aplikasi menggunakan versi terbaru dengan semua pembaruan keamanan terkini. Ikuti perkembangan teknologi dan perbarui software dengan segera untuk membantu melindungi perusahaan dari ancaman cyber baru.

Periksa keamanan secara teratur

Melakukan pemeriksaan keamanan secara rutin membantu memastikan semuanya seaman mungkin. Hal ini termasuk mencari kelemahan, memeriksa apakah semua orang mengikuti aturan keamanan, dan menilai risiko secara menyeluruh. Hasil pemeriksaan ini dapat digunakan untuk memperbaiki masalah yang terjadi.

Enkripsi data sensitif

Enkripsi seperti memberi kunci ekstra pada data sensitif. Simpan dan krim data dengan menggunakan metode enkripsi terpercaya. Tidak hanya melindungi data dari ancaman luar, tindakan ini membantu memenuhi standar keamanan yang disyaratkan oleh peraturan atau undang-undang industri.

Berikan karyawan pelatihan tentang keamanan

Manusia merupakan salah satu risiko terbesar dalam hal keamanan digital. Karena itulah, memberikan pembelajaran tentang keamanan kepada karyawan sangatlah penting. Pastikan para karyawan memiliki pengetahuan tentang praktik keamanan yang baik, tanda-tanda ancaman cyber, dan cara melaporkan insiden keamanan.

Terapkan otentikasi dan kontrol akses yang kuat

Multi-Factor Authentication (MFA) dan kontrol akses dengan hak istimewa paling rendah dapat membatasi akses ke sistem dan data sensitif. Gunakan MFA untuk semua akun yang memiliki akses ke aset digital penting.

Pilih alat keamanan yang efektif

Sesuaikan alat keamanan dengan kebutuhan perusahaan agar nilai keamanan dapat ditingkatkan secara efektif. Memilih alat keamanan yang kurang efektif malah dapat menciptakan kerentanan di sistem IT Anda. Integrasikan dan atur antivirus, firewall, dan solusi deteksi ancaman untuk memberikan perlindungan terbaik.

Jadikan keamanan sebagai tanggung jawab bersama

Keamanan sebuah sistem perusahaan bukan hanya dibebankan pada tim IT saja tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama. Bangun kewajiban menjada keamanan sebagai nilai inti perusahaan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan mempraktikkan keamanan yang baik.

Rancang rencana respons insiden

Untuk memastikan bahwa tim Anda mengetahui cara merespons insiden keamanan secara efektif, Anda perlu mengembangkan dan menguji rencana respons insiden secara berkala. Rencana tersebut harus mencakup langkah-langkah yang diambil ketika terjadi pelanggaran, termasuk melakukan karantina masalah, memberantasnya, dan memulihkan operasional normal dengan cepat.

Meskipun melibatkan pakar keamanan dalam mengoptimalkan postur keamanan perusahaan Anda akan bermanfaat, mengikuti langkah-langkah tersebut di atas dapat membantu meningkatkan skor keamanan Anda bahkan tanpa bantuan ahli. Namun, penting untuk menyadari bahwa keamanan adalah proses yang berkelanjutan, dan tetap waspada serta proaktif adalah kunci untuk mempertahankan postur keamanan yang kuat.

Butuh bantuan profesional? Hubungi call center Managed Service Provider Hypernet.

icon