Apa Yang Harus Dilakukan Jika Nilai Keamanan IT Perusahaan Rendah?
Artikel

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Nilai Keamanan IT Perusahaan Rendah?

Kurangnya sumber daya dan kesadaran keamanan IT memperbesar kerentanan IT perusahaan terkena serangan cyber. Laporan Pertahanan Ancaman Cyber tahun 2022 menemukan bahwa lebih dari 85% organisasi mengalami serangan cyber dalam satu tahun terakhir saja.

Mengabaikan keamanan cyber pada tahun 2022 sama saja dengan mengundang bahaya. Supaya hal tak diinginkan tidak terjadi, Anda perlu mengevaluasi nilai keamanan (Security Score) IT Perusahaan Anda, yang membantu mengukur kerentanan dan memperkuat pertahanan terhadap potensi pelanggaran.

Apa itu Security Score?

Nilai keamanan alias Security Score adalah tolok ukur penting mengenai seberapa rentan suatu organisasi terhadap ancaman cyber dan potensi pelanggaran data. Penilaian dasar ini digunakan oleh perusahaan asuransi cyber untuk menilai risiko. Nilai ini mempertimbangkan faktor-faktor seperti kerentanan IT dan potensi ancaman untuk memberikan gambaran yang jelas tentang sikap keamanan perusahaan.

Apa dampak Security Score yang rendah?

Nilai Keamanan yang rendah pada infrastruktur IT perusahaan dapat menimbulkan kerugian yang signifikan, sehingga menimbulkan berbagai risiko dan tantangan. Beberapa dampak Security Score rendah:

  • Perusahaan lebih rentan menjadi sasaran empuk serangan cyber
  • Peretas lebih mungkin mengeksploitasi keamanan IT lemah untuk mengakses informasi sensitif
  • Kerugian finansial dan tanggung jawab hukum yang signifikan
  • Gangguan operasional bisnis, menyebabkan downtime dan hilangnya produktivitas
  • Merusak reputasi perusahaan dan menyebabkan ketidakpuasan pelanggan

Apa saja 5 tips penting untuk meningkatkan Security Score IT perusahaan Anda?

Memprioritaskan Risiko

Gunakan manajemen risiko berdasarkan prioritas agar selaras dengan tujuan bisnis. Risiko-risiko tersebut dapat dikategorikan ke dalam prioritas tinggi, sedang, dan rendah. Komunikasikan risiko-risiko yang diprioritaskan ini kepada tim terkait untuk mengambil tindakan.

Melakukan Pelatihan Karyawan

Dengan meningkatnya serangan phishing, kesadaran karyawan sangat penting untuk keamanan cyber. Latih staf Anda untuk mengenali ancaman keamanan, seperti email phishing, dan didik mereka tentang praktik terbaik seperti pengelolaan password dan verifikasi sumber email. Undang pakar keamanan cyber untuk sesi pelatihan atau rekomendasikan kursus online untuk meningkatkan pengetahuan karyawan.

Terapkan Pemantauan Berkelanjutan

Observabilitas sistem otomatis dapat mendeteksi ancaman dan kerentanan tersembunyi di lingkungan IT Anda, sehingga memungkinkan perbaikan segera. Otomatisasi menyederhanakan pemantauan berkelanjutan dan mempercepat waktu respons, sehingga mengurangi kemungkinan ancaman menjadi insiden.

Bekerja dengan Mitra dan Vendor yang Aman

Banyak bisnis mengandalkan layanan pihak ketiga, sehingga keamanan vendor menjadi penting. Tetapkan strategi manajemen vendor yang kuat untuk memastikan kebijakan keamanan mitra selaras dengan tujuan bisnis dan persyaratan kepatuhan Anda. Terapkan proses seleksi, orientasi, dan pemantauan untuk memitigasi risiko yang terkait dengan vendor pihak ketiga.

Batasi akses perangkat

Open source code dan pihak ketiga dalam software perusahaan bisa menjadi “jalan masuk” peretas untuk menyerang IT perusahaan Anda. Batasi integrasi dengan perangkat IoT dan aplikasi cloud untuk meminimalkan jalan masuk ini.

Jika nilai keamanan IT perusahaan Anda rendah, mengambil tindakan segera sangatlah penting untuk memitigasi risiko keamanan cyber secara efektif. Prioritaskan risiko, lakukan pelatihan karyawan, terapkan pemantauan berkelanjutan, bekerja sama dengan mitra dan vendor yang aman, dan batasi akses perangkat Anda.

Ingat, tindakan proaktif saat ini dapat mencegah insiden keamanan yang merugikan di kemudian hari. Jangan menunggu sampai terlambat!

Hypernet membantu Anda meningkatkan nilai keamanan IT yang berdampak positif pada peningkatan keamanan IT perusahaan, kelancaran bisnis, dan kepercayaan pelanggan. Hubungi CS Hypernet untuk informasi selengkapnya.

icon